Rino, Nuansa Rizqi (2014) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN PADA KINERJA UMKM BORDIR DAN SULAMAN DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
201408221048nd_skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memainkan peranan yang penting dalam pengembangan perekonomian suatu negara. Pengalaman di seluruh dunia membuktikan peran khusus dan pentingnya usaha mikro, kecil dan menengah dalam perekonomian nasional. (Robu, & Savlovschi ,2011). Tak terkecuali bagi perekonomian Indonesia sebagai negara yang berkembang. Berdasarkan penelitian yang mulai berkembang pada decade 1980-an dinyatakan bahwa seiring dengan berkembangnya perekonomian nasional (daerah), maka peran (keterlibatan) UMKM dalam perekonomian daerah semakin penting. (Rifa’i, 2010). Argumen penelitian tersebut adalah UMKM dapat berkembang cepat bahkan lebih cepat dari usaha besar dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung. Dampak positif dari UMKM, seperti dinyatakan (Tambunan dalam Rifa’i,2010) bahwa akibat peningkatan pendapatan perkapita dan PDRB masyarakat, maka permintaan terhadap produk-produk UMKM akan meningkat. Peningkatan permintaan ini akan membuka kesempatan kerja dan peluang untuk membuka/menambah usaha kecil baru. UMKM berkontribusi terhadap output dan untuk penciptaan lapangan pekerjaan, selain itu juga merupakan pembibitan untuk perusahaan-perusahaan besar di masa depan dan langkah untuk memperluas usaha mikro, mereka berkontribusi secara langsung dan merupakan investasi ,juga mereka yang terlibat dalam pengembangan teknologi tepat guna. (Palma, 2005).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Beni Adriyassin |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 08:00 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 10:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5670 |
Actions (login required)
View Item |