Gambaran Self Control Pada Remaja Pemain Game Mobile Legend Di Kota Padang

Fichy, Puspita Sari (2019) Gambaran Self Control Pada Remaja Pemain Game Mobile Legend Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT FICHY PUSPITA SARI fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan internet saat ini telah memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaatnya yang dapat digunakan melalui internet adalah bermain game online. Game online merupakan sebuah permainan yang dapat dimainkan dengan gadget/smartphone atau komputer menggunakan jaringan internet. Salah satu game online yang sedang populer saat ini adalah game Mobile Legend. Griffiths, Davies dan Chappel (2004) menyatakan bahwa remaja menghabiskan waktu yang banyak untuk bermain game online.Tingginya intensitas bermain game Mobile Legend pada remaja dapat memberikan dampak pada pemain game. Dampak yang ditimbulkan meliputi kesehatan fisik, psikologis, dan hubungan sosial yang akan mengakibatkan terhambatnya beberapa aspek dalam kehidupan. Untuk itu diperlukannya self control pada pemain game Mobile Legend tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran self-control pada pemain game Mobile Legend. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini data didapatkan dari 200 orang remaja yang memainkan game online Mobile Legend. Subjek pada penelitian menggunakan teknik sampling incidental. Skala yang digunakan adalah “Self Control Scale” yang diadaptasi dari Tangney (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control pemain game online Mobile Legend berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan remaja pemain game Mobile Legend sudah memiliki kemampuan dalam mengendalikan dorongan bermain game Mobile Legend dan menahan diri dari melakukan perilaku tersebut secara berlebihan, namun belum sepenuhnya optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yantri Maputra, M.Ed.,Phd
Uncontrolled Keywords: Game Online, Self Control, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 27 Jan 2020 16:30
Last Modified: 27 Jan 2020 16:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56591

Actions (login required)

View Item View Item