PENGARUH KEBIJAKAN PERUSAHAAN, KINERJA KEUANGAN, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011

MEGA, INTAN KEMALA (2013) PENGARUH KEBIJAKAN PERUSAHAAN, KINERJA KEUANGAN, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
1037.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebijakan perusahaan, kinerja keuangan,dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009 – 2011 ditinjaudari factorkeuangan dan non keuangan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 22perusahaan, denganpooling66sampel. Teknikanalisis data yang digunakanadalahregresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor keuangan: kebijakan perusahaan yang diukur melalui keputusan pendanaan(DER),keputusaninvestasi (PER),kebijakan deviden (DPR)sertakinerja keuangan (ROA)dan corporate social responsibility (CSR)berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan perusahaan yang optimal dalam menggunakan dana dengan baik dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang akan meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan faktor non keuangan: perusahaan yang melakukan pembagian deviden serta pengungkapan corporate social responsibility (CSR) akan menambah daya tarik (calon) investor karena pembagian deviden dinilia investor sebagai salah satu daya tarik perusahaan dalam menghasilkan laba dan membagikan kepada pemegang saham serta pengungkpan CSR juga dinilai (calon) investor sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap sosial sehingga investor tertarik untuk membeli saham perusahaan dan membawa dampak pada perdagangan perusahaan manufaktur. Pengaruh kebijakan perusahaan, kinerja keuangan,dan corporate social responsibility dapat dijadikan bahan pertimbangan dan ukuran dalam membeli saham karena keinginan investor bertransaksi pada perusahaan dengan kinerja yang baik dalam pengelolaan pendanaan, keputusan investasi, kebijakan deviden maupun pengungkapan corporate social responsibility adalah mendapatkan laba yang akanmeningkatkannilaiperusahaan. Kata kunci: Kebijakan perusahaan,keputusan pendanaan (DER), keputusan investasi (PER), kebijakan deviden (DPR), kinerja keuangan (ROA), corporate social responsibility (CSR) nilai perusahaan (Tobins’q).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:52
Last Modified: 28 Apr 2016 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item