ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANAJEMEN TATA LAKSANA TRANSFER PASIEN INTRA RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LUBUK SIKAPING

Febri, Wenni (2020) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MANAJEMEN TATA LAKSANA TRANSFER PASIEN INTRA RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LUBUK SIKAPING. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I TESIS WENI.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
8. BAB VII TESIS WENI NEW.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA TESIS WENI.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
Tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen tatalaksana transfer pasien merupakan bentuk layanan keperawatan yang menjadi perhatian umum dan erat kaitannya dengan keselamatan pasien. Dampak dari tatalaksana transfer pasien yang tidak sesuai prosedur akan mengakibatkan peningkatan kejadian komplikasi yang mengancam jiwa dan mortilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan manajemen tata laksana transfer pasien intra rumah sakit di RSUD Lubuk Sikaping. Jenis penelitian kuantitatif, desain cross sectional. Sampel diambil dengan cara proportional random sampling berjumlah 113 orang perawat pelaksana. Data dikumpulkan dengan memakai kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik chi square dan binary logistic. Hasil penelitian didapati tidak ada hubungan yang bermakna antara kebijakan rumah sakit dengan manajemen tatalaksana transfer pasien intra rumah sakit di RSUD Lubuk Sikaping (p = 0,838), ada hubungan fungsi manajemen keperawatan kepala ruangan (p = 0,007), pengetahuan (p = 0,002) dan komunikasi (p = 0,049) dengan manajemen tata laksana transfer pasien. Variabel pengetahuan merupakan variabel paling dominan berhubungan dengan manajemen tatalaksana transfer pasien. Agar terciptanya manajemen tata laksana transfer pasien yang baik, maka RSUD Lubuk Sikaping perlu mengadakan sosialisasi, seminar, supervisi, dan memasukkan penilaian kinerja tentang pelaksanaan kegiatan transfer pasien pada seluruh perawat yang bertugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH
Uncontrolled Keywords: Manajemen tata laksana transfer pasien, transfer intra rumah sakit, Perawat Pelaksana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2020 15:13
Last Modified: 22 Jan 2020 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55768

Actions (login required)

View Item View Item