Kavyen, Albarqi (2020) PENGARUH RUMBLE STRIPS (PITA PENGGADUH ) TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI JALAN RAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari, oleh karena itu perlu adanya infrastruktur yang mendukung dan memadai, terutama jalan raya, karena sebagian besar proses transportasi terjadi di jalan. Kebutuhan akan jalan yang aman dan nyaman telah menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama untuk berkendara. Ketidaknyamanan berkendara seperti adanya pengendara yang mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi yang bisa menyebabkan terjadinya masalah-masalah seperti kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu diciptakan beberapa alat pengaman di jalan, salah satunya rumble strips (pita penggaduh). Harapannya dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan dapat membantu meningkatkan kenyamanan di jalan tersebut. Oleh karena ini perlu diadakan penelitian untuk mengamati seberapa besar pengaruh pemasangan rumble strips terhadap kecepatan kendaraan di jalan raya. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan di dua lokasi yaitu di ruas jalan Teuku Umar dan ruas jalan Raya Bandar Buat pada saat jam sibuk (peak hour) dan jam tidak sibuk (off peak hour). Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa terjadi penurunan rata rata kecepatan kendaraan saat setelah melewati rumble strips baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dengan hasil ini dapat dinyatakan bahwa pemasangan alat pengaman jenis ini cukup berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan di jalan raya. Di akhir penelitian ini dilakukan uji T-Test dengan tingkat kepercayaan 95% (α 0.05) untuk menyelidiki signifikasi perubahan data dan didapatkan hasil bahwa adanya pengurangan kecepatan kendaraan setelah melewati rumble strips.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | BAYU MARTANTO ADJI, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan, Peak Hour, Off Peak Hour, Rumble Strips, T-test |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 16:53 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 16:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55655 |
Actions (login required)
View Item |