PELAKSANAAN PENYIDIKAN OLEH APARAT SATLANTAS TERHADAP PERKARA TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS SATLANTAS POLRES PADANG-PARIAMAN)

Aldo, Septian Radam (2020) PELAKSANAAN PENYIDIKAN OLEH APARAT SATLANTAS TERHADAP PERKARA TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS SATLANTAS POLRES PADANG-PARIAMAN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

PELAKSANAAN PENYIDIKAN OLEH APARAT SATLANTAS TERHADAP PERKARA TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS SATLANTAS POLRES PADANG-PARIAMAN) (Aldo Septian Radam , 1610113094, Hukum Pidana, Fakultas Hukum Universitas Andalas, 61 Halaman, Tahun 2019) ABSTRAK Sejatinya Pasal 5 ayat (1) UU LLAJ menyatakan bahwa negara bertanggung jawab juga atas lalu lintas dan angkutan jalan dan pembinaannya dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini dapat dipastikan hak setiap orang di jalan raya diakui dan dijamin adanya oleh hukum dan pemerintah bertanggung jawab atas semua hal itu. Tanggung jawab Negara dalam hal tersebut berbentuk adanya peran kepolisian dalam menegakan keamanan dan ketertiban terutama di jalan raya. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Pertama, Bagaimana pelaksanaan penyidikan oleh satuan lalu lintas terhadap perkara kecelakaan lalu lintas di Padang Pariaman. Kedua, Bagaimana kendala dalam pelaksanaan penyidikan oleh satuan lalu lintas terhadao oerkara kecelakaan lalu lintas di Padang Pariaman. Ketiga, Bagaimana upaya Satlantas dalam hal mengatasi kendala tersebut. Typologi penelitian ini adalah yuridis sosiologis yaitu suatu penelitian yang membandingkan fakta di lapangan dengan peraturan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan penyidikan oleh satuan lalu lintas terhadap perkara kecelakaan lalu lintas Padang Pariaman dilaksanakan dengan proses acara peradilan pidana sebagaimana yang diatur KUHAP dan mengenai tata cara penanganan kecelakaan lalu lintaspenyidik berpedoman kepada Peraturan Kapolri Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas.Kendala pelaksanaan penyidikan oleh aparat satlantas terhadap perkara tindak pidana kecelakaan lalu lintas, diantaranya yaitu kurang maksimalnya sumber daya penunjang pelaksanaan penyidikan, kejadian kecelakaan di malam hari, kurangnya peran serta masyarakat.Upaya satlantas mengatasi kendala pelaksanaan penyidikan terhadap perkara tindak pidana kecelakaan lalu lintas, diantaranya yaitu memaksimalkan sumber daya penunjang yang tersedia, melakukan penyuluhan tentang peranan masyarakat dalam membantu tugas kepolisian, melibatkan masyarakat dalam hal menangani kasus kecelakaan lalu lintas Kata Kunci : kecelakaan, penyidikan, satlantas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ismansyah, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:10
Last Modified: 21 Jan 2020 15:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55595

Actions (login required)

View Item View Item