Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kualitas Hidup Penderita Kanker Payudara di RSK Bedah Ropanasuri Padang

Bilqis, Elfarianti (2019) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kualitas Hidup Penderita Kanker Payudara di RSK Bedah Ropanasuri Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kualitas hidup merupakan penilaian yang sangat penting dalam mengevaluasi persepsi seseorang terhadap penyakit yang dimilikinya. Karakteristik sosiodemografi dan biologis pada penderita kanker payudara dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Usia, tempat tinggal, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, dan stadium dengan tingkat kualitas hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Penelitian berlangsung dari September sampai November 2019 di RSK Bedah Ropanasuri Padang dengan jumlah sampel sebanyak 107 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner EORTC QLQ C30, rekam medis dan lembar registrasi kanker payudara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kanker payudara paling sering terjadi pada usia >45 tahun (74,8%), tinggal di perkotaan (58,9%), memiliki pendidikan sangat tinggi (53,3%), tidak bekerja (63,6%), berpendapatan tinggi (64,5%), dan memiliki stadium III (51,4%). Usia, tempat tinggal, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, dan stadium tidak memiliki hubungan bermakna secara statistik dengan tingkat kualitas hidup penderita kanker payudara (p=0,183; p=0,471; p=0,094; p=0,661; p=0,119; p=0,903; berturut-turut). Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kualitas hidup dapat berupa dukungan sosial ataupun tipe dan siklus pengobatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Daan Khambri, Sp.B (K) Onk, M.Kes
Uncontrolled Keywords: kanker payudara, kualitas hidup, usia, tempat tinggal, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan, stadium.
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:41
Last Modified: 21 Jan 2020 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55563

Actions (login required)

View Item View Item