Perbedaan Profil Lipid pada Pasien Infark Miokard Akut dengan Elevasi Segmen ST dan Infark Miokard Akut tanpa Elevasi Segmen ST/Angina Pektoris Tidak Stabil di RSUP Dr M Djamil Periode 1 Januari 2018-31 Desember 2018

Firstra, Sabilli (2020) Perbedaan Profil Lipid pada Pasien Infark Miokard Akut dengan Elevasi Segmen ST dan Infark Miokard Akut tanpa Elevasi Segmen ST/Angina Pektoris Tidak Stabil di RSUP Dr M Djamil Periode 1 Januari 2018-31 Desember 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img] Text (full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST), infark miokard akut tanpa elevasi segmen ST (IMA-NEST), dan angina pektoris tidak stabil (APTS) merupakan bagian dari sindrom koroner akut (SKA). SKA memiliki faktor risiko berupa faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi dan yang dapat dimodifikasi. Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko mayor SKA disamping hipertensi dan diabetes mellitus. Keadaan dislipidemia dapat diketahui melalui pengukuran profil lipid pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan profil lipid antara pasien IMA-EST dengan pasien IMA-NEST/APTS. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan didapatkan data sebanyak 124 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent t-test. Dari 124 sampel, 95 orang (76,6%) berjenis kelamin laki-laki, umur rata-rata 60,10±10,17 tahun, dan faktor risiko terbanyak merupakan perokok (62,1%). Hasil penelitian dengan uji independent t-test menunjukkan nilai p<0,05 untuk rerata kolesterol total (p=0,032) dan rerata kolesterol HDL (p=0,040) yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara pasien IMA-EST dengan IMA-NEST/APTS. Nilai p>0,05 didapatkan untuk rerata kolesterol LDL (p=0,081) dan trigliserida (p=0,249) yang berarti tidak terdapat perbedaan bermakna antara pasien IMA-EST dengan IMA-NEST/APTS. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna dari rerata kolesterol total dan kolesterol HDL antara pasien IMA-EST dengan pasien IMA-NEST/APTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Mefri Yanni, Sp.JP (K), FIHA
Uncontrolled Keywords: Profil Lipid, IMA-EST, IMA-NEST/APTS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Jan 2020 11:42
Last Modified: 28 Jan 2020 14:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55378

Actions (login required)

View Item View Item