SELEKSI GALUR-GALUR HARAPAN GENERASI F5 TURUNAN PERSILANGAN PADI MERAH (Oryza nivara) KULTIVAR LOKAL SILOPUK DENGAN VARIETAS UNGGUL FATMAWATI

Igha, Muthmainnah (2020) SELEKSI GALUR-GALUR HARAPAN GENERASI F5 TURUNAN PERSILANGAN PADI MERAH (Oryza nivara) KULTIVAR LOKAL SILOPUK DENGAN VARIETAS UNGGUL FATMAWATI. Diploma thesis, Uiversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Sumatra barat memiliki banyak padi lokal, salah satunya yaitu kultivar lokal Silopuk namun memiliki umur yang dalam serta tanaman yang tinggi. Untuk memperbaiki karakter tersebut dilakukan persilangan dengan varietas unggul salah satunya yaitu Fatmawati yang berumur genjah dan tinggi tanaman ideal serta sesuai dengan kriteria VUTB. Pada tahap ini sudah sampai pada generasi F5 untuk menyeleksi galur-galur yang sesuai dengan VUTB. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan Juli 2019 di lahan sawah petani, Limau Manis, Kec. Pauh, Padang, Sumatra Barat. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi keragaman genetik generasi F5 baik di dalam famili maupun antar famili, untuk mengetahui parameter genetik generasi F5 dan untuk menyeleksi galur-galur harapan yang memenuhi kriteria Varietas Unggul Tipe Baru (VUTB). Penelitian ini menggunakan augmented design dalam RAK. Material genetik yang digunakan adalah 9 famili dan dua tetua sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukkan, untuk beberapa karakter yang diuji memiliki keragaman yang sempit di dalam famili serta memiliki keragaman yang luas di dalam populasi, nilai duga heritabilitas tergolong tinggi pada setiap karakter yang diuji, koefisien keragaman genetik memiliki kriteria sedang sampai dengan sempit pada tiap karakter yang diuji, dan kemajuan genetik harapan tergolong rendah, sedang dan tinggi. Famili yang terseleksi menjadi galur harapan padi beras merah yang sesuai dengan kriteria VUTB pada generasi F5 ini yaitu famili SF5-12-2-12, SF5-12-48-17, SF5-118-35-5, SF5-118-35-15, SF5-122-13-16 dan SF5-12-32-12. Kata kunci: Seleksi, galur, padi merah (Oriza nivara), Fatmawati, Silopuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Etti Swasti, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 20 Jan 2020 10:02
Last Modified: 20 Jan 2020 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55145

Actions (login required)

View Item View Item