KOMPOSISI POPULASI TERNAK SAPI MENURUT BANGSA, JENIS KELAMIN DAN TINGKAT UMUR DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Bayu, Fajasa Hadi (2019) KOMPOSISI POPULASI TERNAK SAPI MENURUT BANGSA, JENIS KELAMIN DAN TINGKAT UMUR DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER WATERMAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I WATERMAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V WATEERMAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WATERMAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
SKRIPSI BAYU FULL WATERMAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

KOMPOSISI POPULASI TERNAK SAPI MENURUT BANGSA, JENIS KELAMIN, DAN TINGKAT UMR DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Bayu Fajasa Hadi, dibawah bimbingan Prof.Dr.Ir. Khasrad, M.Si dan Dr.Ir. Sarbaini, M.Sc Bagian Tekhnologi dan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi populasi sapi menurut bangsa, jenis kelamin dan tingkat umur di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 16 Juni sampai dengan 13 Juli 2019. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah 278 peternak sapi potong. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan kuisioner, penentuan lokasi penelitian menggunakan metode Stratified Random Sampling, dan pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Penetapan jumlah responden penelitian yaitu menggunakan rumus slovin. Peubah yang diamati adalah bangsa sapi, jenis kelamin sapi yang dipelihara dan umur sapi yang dipelihara. Dan data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa komposisi populasi menurut bangsa yaitu sapi Persilangan Simmental (93,6%), Peranakan Ongole (4,90%), Persilangan Limousin (1,40%). Menurut jenis kelamin sapi jantan (20,27%), sapi betina (79,73%). Dengan tingkatan umur yang dibawah satu tahun (26,90%), umur satu sampai dua tahun (24,64%), dan umur yang diatas dua tahun (48,46%). Faktor input meliputi tingkat kelahiran 53,73%, dan pembelian 5,62%. Faktor output meliputi tingkat kematian 0,14%, dan penjualan 18,30%. Dapat disimpulkan bahwa komposisi populasi ternak sapi di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota yang terbanyak adalah sapi Persilangan Simmental dengan persentase (93,6%), berdasarkan jenis kelamin yang terbanyak adalah sapi betina dengan persentase (79,73%). Kata Kunci : komposisi populasi, bangsa sapi, jenis kelamin, tingkat umur, Kecamatan Guguak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Khasrad,M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 17 Jan 2020 10:04
Last Modified: 17 Jan 2020 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55051

Actions (login required)

View Item View Item