HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERSONAL HYGIENE ORGAN GENITAL WANITA DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA SISWI DI SMAN 12 PADANG

RIRIN, BUDIARTI (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERSONAL HYGIENE ORGAN GENITAL WANITA DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA SISWI DI SMAN 12 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keputihan adalah keluarnya cairan keputihan, kekuningan atau kehijauan dari vagina yang mungkin normal atau merupakan tanda infeksi. Ada dua jenis keputihan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan tidak normal (patologis). Pengetahuan dan perawatan yang baik dalam menjaga kebersihan organ reproduksi dapat memelihara kesehatan reproduksi. Kurangnya pengetahuan personal hygiene mempengaruhi terjadinya keputihan patologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang personal hygiene dengan kejadian keputihan patologis pada siswi SMAN 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan tentang personal hygiene dan kuesioner kejadian keputihan. Sampel penelitian adalah siswi kelas X dan XI sebanyak 180 orang dan teknik pengambilan sampel dengan Accidental Sampling. Uji statistic menggunakan chi – square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 101 orang responden (56.1%) memiliki pengetahuan yang baik tentang personal hygiene dan responden yang mengalami keputihan patologis sebanyak 85 orang (47.2%). Responden yang mengalami keputihan patologis dengan pengetahuan buruk tentang personal hygiene sebanyak 62 orang (72.9%). Hasil analisis bivariat didapatkan p value 0,000 yang terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan tentang personal hygiene dengan keputihan patologis pada siswi SMAN 12 Padang. Diharapkan siswi lebih memperhatikan personal hygiene yang baik untuk mencegah terjadinya keputihan patologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, personal hygiene, keputihan patologis
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:42
Last Modified: 16 Jan 2020 15:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54944

Actions (login required)

View Item View Item