Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018

Ikhwanul, Kurniawan (2020) Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja bagi perusahaan dilakukan agar tercapainya tujuan perusahaan atas suatu kegiatan tertentu yang diukur dengan standar tertentu. Mekanisme corporate governance hal yang penting dan dibutuhkan bagi perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan. Mekanisme corporate governance terdiri dari banyak hal salah satunya adalah dewan komisaris dan dewan direksi dan komite audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2014-2018 dengan beberapa kriteria. Sample penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini meneliti sebanyak 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengujian Regresi Panel, Statistik Deskriptif, , Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji F. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan, dewan direksi tidak berpengaruh signifikan negative terhadap kinerja keuangan, sedangkan komite audit berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci: Mekanisme Corporate Governannce, Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mohamad Fany Alfarisi, S.E., M.Fin.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 14 Jan 2020 11:03
Last Modified: 14 Jan 2020 11:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54741

Actions (login required)

View Item View Item