PENGARUH DAERAH ASAL CALON DAN IDENTIFIKASI PARTAI TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT KECAMATAN LENGAYANG PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PESISIR SELATAN TAHUN 2015

FERDIAN, FERDIAN (2019) PENGARUH DAERAH ASAL CALON DAN IDENTIFIKASI PARTAI TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT KECAMATAN LENGAYANG PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PESISIR SELATAN TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
3. BAB 6.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. TESIS- scan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perilaku memilih masyarakat Kecamatan Lengayang pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Tahun 2015. Secara spesifik penelitian ini melihat pengaruh daerah asal calon (Xı) serta identitifikasi partai (X2) dalam membentuk perilaku memilih masyarakat Kecamatan Lengayang (Y). Untuk mendapatkan jawaban diatas, peneliti mengindentifikasi pengaruh daerah asal calon terhadap pilihan yang dihasilkan dengan menggunakan teori Identitas Sosial yang dikemukakan oleh Henry Tajfel. Pada bagian ini peneliti hanya berfokus pada kesamaan daerah pemilih dengan calon dengan mengabaikan faktor lainnya karena variabel tersebut merupakan kesamaan utama Hendrajoni dengan 89,5% pemilihnya. Selanjutnya untuk melihat pengaruh identifikasi partai, peneliti mengacu kepada penelitian terdahulu yang menggunakan mazhab psikologis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode ini dipilih karena dirasa dapat menjelaskan hipotesis peneliti yang menganggap bahwa kemenangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar pada Pilkada 2015 erat kaitannya dengan kedua faktor yang telah dijelaskan diatas. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dengan sampel responden sebanyak 400 orang di 9 Nagari yang ada di Kecamatan Lengayang. Sampel dipilih secara random dari daftar pemilih tetap Kecamatan Lengayang yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menganalisa pengaruh Xı dan X2 terhadap Y, menggunakan SPSS 20. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa daerah asal calon dan identifikasi partai berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku memilih masyarakat Kecamatan Lengayang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Tahun 2015. Rasa ke-Lengayangan yang tinggi pada masyarakat Kecamatan Lengayang menjadi salah satu variabel yang menentukan kemenangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar di Kecamatan Lengayang. Dan walaupun perilaku memilih masyarakat Kecamatan Lengayang terpengaruh oleh identifikasi partai, ternyata tidak mempengaruhi kemenangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar di kecamatan ini. Temuan ini dapat digunakan oleh partai politik dalam menentukan calon dan metode kampanye pada pemilihan berikut, dan peneliti merekomendasikan KPU untuk melakukan terobosan dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berkaitan dengan “pelurusan” perilaku memilih ini, sehingga hasil pemilu diharapkan merupakan sebuah hasil yang berfokus pada objektifitas dan bukan subjektifitas kedekatan terkait kesamaan daerah asal ataupun kedekatan dengan partai yang mengusung kandidat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.ASRINALDI,M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Memilih, identitas sosial, daerah asal calon, identifikasi partai, pilkada
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 09 Jan 2020 10:22
Last Modified: 09 Jan 2020 10:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54268

Actions (login required)

View Item View Item