ELFA, YENTI (2008) PENGARUH SUPERVISI PENGAJARAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KOTA BUKITTINGGI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (TESIS)
2008_06206038_S2SKRIP0544.pdf - Published Version Download (43MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, (1) Pengaruh Supervisi Pengajaran Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri Kota Bukittinggi., (2) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri Kota Bukittinggi, (3) Pengaruh Supervisi Pengajaran Dan Motivasi Kerja Guru Secara Bersama-sama Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi pcnilitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi berjumlah 310 orang terdiri dari 5 SMA Negeri yang ada di Kota Bukittinggi yaitu SMA Negeri 1,2,3,4,dan 5. Teknik penarikan sampel penelitian dengan mengggunakan Stratified Proportional Random Sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus Slovin,dengan persentase kelonggaran karena pengambilan sampel 10%, didapat sampel sebanyak 75 responden, yang dibagi masing-masing SMA Negeri 15 orang responden.. Teknik analisa data yang digunakan adalah Teknik Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Supervisi pengajaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi, berdasarkan analisis data diperoleh t hitung 2,101 > t tabel 1,9935 pada a 5% atau level sig (0,039 < 0,05). (2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi, berdasarkan analisis data diperoleh t hitung 2,816 > t tabel 1,9935 pada a 5% atau level sig (0,006 < 0,05) dan (3) Supervisi pengajaran dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi, analisa data diperoleh F hitung 7,984 > F tabel3,134 pada a 5% atau level sig (0,001 <0,05). Temuan penelitian ini juga mengungkapkan bahwa variabel kinerja guru berada pada kriteria baik, artinya kinerja guru di SMA Negeri Kota Bukittinggi dinilai secara keseluruhan dari indikator yang diteliti baik, dengan rata-rata 4,36 dan tingkat capaian responden (TCR) 87,20. Variabel supervisi pengajaran berada pada kriteria cukup, berarti pelaksanaan supervisi pengajaran di SMA Negeri Kota Bukittinggi dinilai cukup terlaksana , dan menurut indeph interview ada guru mengatakan supervisi pengajaran tidak terlaksana sebagai mana mestinya, dengan rata-rata 3,03 dan TCR 60,53. Variabel motivasi kerja berada pada kriteria baik, berarti guru telah termotivasi melaksanakan tugasnya sebagai pendidik secara baik, dengan rata-rata 3,9 dan TCR 79,73. Kinerja guru dapat lebih ditingkatkan dengan meningkatkan supervisi pengajaran di sekolah, serta memotivasi guru sehingga lebih giat bekerja. Untuk itu ketiga variabel ini hendaknya menjadi perhatian serius bagi pimpinan sekolah dan guru-guru yang mengajar di SMA Negeri Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 09:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 09:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54077 |
Actions (login required)
View Item |