Novial Asri, Eka (2011) Penyelenggaraan .laminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Oleh Pemerintah Kabupaten Merangin Bangko. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text
2011_07140252_04skripk045-compressed.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Salah satu aspek pembangunan masyarakat yang menjadi perhatian oleh Negara adalah pembangunan di bidang kesehatan. Perhatian yang dimaksud didasarkan kepada prinsip kehidupan manusia yang menghendaki adanya manusia hidup secara layak dan sehat. Untuk mengatasi hal tersebut maka pemerintah bertanggung jawab dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin dan tidak mampu dengan melakukan program jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas). Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat oleh pemerintah Kabupaten Merangin di Kota Hangko. apa saja kendala-kendala yang dihadapi pemerintah Kabupaten Merangin dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat, dan bagaimana upaya penyelesaian yang dilakukan pemerintah Kabupaten Merangin untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini bersifat yuridis empiris, yang artinya penelitian ini melihat bagaimana penerapan peraturan perundang-undangan mengenai penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat dan bagaimana penerapannya yang dilaksanakan oleh pemerintah di lapangan. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis yaitu dengan wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 125/Menkes/SK/l 1/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) tahun 2008 sudah beijalan sebagaimana mestinya dan memenuhi prosedur yang ada seperti : waktu, biaya produk, sarana dan prasarana serta kompetensi yang ada. tetapi dalam praktekya terdapat kendala yaitu kurangnya petugas pelayanan kesehatan dan pengurusan kartu peserta yang lambat selesai. Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu : melakukan penambahan petugas pelayanan yang bermutu, pereepatan dalam pembuatan kartu peserta dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kesehatan dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Mr Andi Saputra |
Date Deposited: | 18 Dec 2019 12:22 |
Last Modified: | 18 Dec 2019 12:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53968 |
Actions (login required)
View Item |