Dyra, Sartivani Ulfah (2019) KAJIAN RANTAI PASOK BUNGA KRISAN POTONG DI KELOMPOK TANI TUNAS BARU NAGARI AIA BATUMBUAK, KECAMATAN GUNUNG TALANG, KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (80kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur dan aktivitas aliran rantai pasok bunga krisan potong di Kelompok Tani Tunas Baru Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok (2) menganalisis efisiensi saluran pemasaran pada Kelompok Tani Tunas Baru Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang akan dilihat berdasarkan alur produk dari produsen ke konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah ketua, sekretaris dan bendahara Kelompok Tani Tunas Baru, sedangkan untuk menentukan sampel florist, pendekor dan konsumen, peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur rantai pasok bunga krisan potong terdiri antara petani di Kelompok Tani Tunas Baru, pendekor, florist, dan konsumen. Kondisi rantai pasok bunga krisan potong berdasarkan aliran aktivitas rantai pasok berjalan dengan lancar, tetapi masih memiliki sedikit kendala yaitu pemenuhan dari permintaan bunga krisan potong. Berdasarkan dari rantai pasok bunga krisan potong terdapat 2 saluran pemasaran yaitu Petani – Pendekor – Konsumen (Keindahan) dan Petani – Florist – Konsumen (Fisik). Berdasarkan analisis marjin dan farmer’s share didapatkan bahwa saluran pemasaran 1 memiliki marjin pemasaran sebesar Rp 40.000/ikat dengan nilai farmer’s share sebesar 33,33 %. Sedangkan pada saluran pemasaran 2 marjin pemasaran yang dimiliki adalah Rp 30.000/ikat dengan farmer’s share sebesar 40 %. Dari efisiensi biaya saluran pemasaran 2 lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran 1. Hal ini dikarenakan saluran pemasaran 2 memiliki nilai efisiensi sebesar 44,28 % dan pada saluran pemasaran 1 memiliki efisiensi sebesar 64,44 %. Kata kunci : Rantai Pasok, Bunga Krisan Potong, Margin, Farmer’s share, Efisiensi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Ir. Helmi, M.Sc, Ph.D. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 09:30 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 09:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53638 |
Actions (login required)
View Item |