Melani, Niko Sari (2019) Meme Peribahasa Minangkabau (Kajian Semiotika). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak MNS.docx.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pedahuluan).docx.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text (BAB Akhir (Penutup, Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup,Kesimpulan).pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Meme Peribahasa Minangkabau Kajian Semiotika” pada skripsi ini dibahas masalah ¹·Apa saja ragam meme yang berkonten Minangkabau di Instagram?, ²· Bagaimana interprestasi dan hubungan visual meme dengan teks pada penggunaan peribahasa Minangkabau dalam meme dengan konten Minangkabau?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ¹·Mendeskripsikan ragam meme yang berkonten Minangkabau di Instagram, ²·Mendeskripsikan dan megetahui bagaimana perubahan serta pemaknaan penggunaan peribahasa Minangkabau dalam meme dengan konten Minangkabau. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian adalah pengumpulan data yaitu menghimpun data meme peribahasa Minangkabau yang ada di Instagram. Teknik analisis data pada penelitian adalah Analisis terhadap data yang ditemukan dilakukan menggunakan teori semiotik Charles Sanders Peirce dan makna dalam konteks komunikasi. Hasil dari penelitian disajikan dalam bentuk skripsi. Hasil analisis data ditemukan bahwa pesatnya laju pertumbuhan media komunikasi saat ini memberikan pengaruh besar pada media komunikasi, termasuk media komunikasi tradisional. Ungkapan idiom Minangkabau kini banyak muncul di internet dalam berbagai bentuk. Meme adalah salah satu bentuk yang paling sering muncul. Salah satunya adalah meme dengan peribahasa Minangkabau. Beberapa bentuk meme peribahasa Minangkabau yang muncul adalah meme dengan teks, dan meme dengan teks dan gambar. Interpretasi yang ada pada tiap meme menjadi data dalam penelitian ini, yang mana hal ini kemudian menimbulkan perluasan interpretasi peribahasa Minangkabau sebagai produk sosial. Penulis menemukan data sebanyak 50 buah, dan yang menjadi data untuk penelitian sebanyak 16 buah. Disaat yang sama interpretasi peribahasa Minangkabau menunjukkan bagaimana eksistensi budaya tradisi Minangkabau pada era digital saat ini. Kata kunci: Peribahasa, Meme, Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Wasana, M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah |
Depositing User: | s1 sastra minang |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 09:25 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 09:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53007 |
Actions (login required)
View Item |