Speech Act of Advice and Its Social Variables As Acquired by Senior Students of English Department of Andalas Iniversity

Gyunia, Jenetto (2019) Speech Act of Advice and Its Social Variables As Acquired by Senior Students of English Department of Andalas Iniversity. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVERABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Bab 1)
CHAPTER I gyunia-converted.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab 4)
CHAPTER IV gyunia-converted.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY gyunia-converted.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Full skripsi)
Gyunia-thesis full watermark-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh faktor sosial seperti, tingkat kekuasaan, keakraban, dan imposisi terhadap kalimat nasehat yang diujarkan oleh mahasiswa tahun ke-empat, jurusan Sastra Inggris di Universitas Andalas. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor social terhadap tingkat kesopanan mahasiswa dalam memberi nasehat. Sebanyak 32 mahasiswa Sastra Inggris tahun keempat / BP 2015 di Universitas Andalas bersedia untuk menjadi informan penelitian ini. Peserta diberi 12 situasi tertulis yang berkaitan denga aktivitas mahasiswa. Setiap situasi dirancang berdasarkan faktor sosial yang berbeda-beda, seperti kekuasaan, keakraban, dan imposisi. Kemudian, peserta menjawab situasi tersebut dengan kalimat nasehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung menggunakan hedging (57%) dan positive politeness strategi (76%) dalam memberikan nasehat. Selain itu, faktor sosial seperti tingkat keakraban berperan penting pada tingkat kesopanan mahasiswa dalam mengujarkan kalimat nasehat. Semakin akrab si penasehat dan yang dinasehati maka akan semakin kurang sopan ujaran nasehatnya. Namun, semakin jauh jarak antara penasehat dan yang dinasehati, maka semakin sopan mereka meskipun terhadap orang yang lebih muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hanafi S.S.,M.App.Ling.,Ph.D.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 28 Oct 2019 12:47
Last Modified: 28 Oct 2019 12:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53006

Actions (login required)

View Item View Item