Gema, Dwi Nanda (2019) Implicature in the Slogan of Best Cosmetic Advertisements on Trendrr.net. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover and Abstrak)
1. Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (Introduction)
2 BAB 1.pdf - Published Version Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (Conclusion)
3 Kesimpulan.pdf - Published Version Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (Bibliography)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
5 FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan kajian tentang makna tidak langsung yang terdapat pada slogan iklan perusahaan kosmetik berbahasa inggris dengan menggunakan teori implikatur. Implikatur adalah konsep tentang tambahan makna atau maksud lain dari slogan. Elemen pendukung lain dalam implikatur adalah konteks dan semua gambar yang ada pada iklan. Iklan yang diambil adalah 9 iklan dari merk kosmetik terlaris di dunia pada akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019 menurut www.trendrr.net, yaitu Maybelline, Urban Decay, CoverGirl, Avon, Revlon, Neutrogena, MAC, L’Oreal dan Clinique. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implikatur atau makna tersirat yang terdapat dalam slogan berbahasa Inggris di iklan kosmetik dan mengategorikan macam-macam jenis implikatur dalam slogan. Data yang diambil sebanyak 12 data yang diambil dari situs internet dan terdaftar sebagai 9 merk kosmetik terlaris di dunia yang mengeluarkan iklan produk kecantikan pada akhir tahun 2018 sampai awal tahun 2019. Dalam penelitian ini menggunakan teori dari Grice (1989) dan Mey (1993) tentang implikatur, serta menggunakan teori dari Yule (1996) tentang konteks. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik lihat dan catat. Data kemudian dianalisis dengan cara menggambarkan arti atau makna tersirat, serta mengategorikan macam-macam jenis implikatur dalam slogan. Dari hasil analisa data ditemukan bahwa setiap merk kosmetik yang mengiklankan produknya dengan menggunakan slogan, selalu menggunakan implikatur pada kalimat dalam slogan iklan tersebut. Penelitian ini juga menemukan jenis implikatur yaitu conversational implicature sebanyak 12 data dan tidak menemukan conventional implicature pada data. Dari 12 conversational implicature tersebut, terdiri dari 5 generalized conversational implicature, 7 particuralized conversational implicature dan tidak menemukan scalar implicature Kata kunci: Implikatur, konvensional dan konfersasional implikatur, iklan kosmetik, dan konteks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ike Revita, S.S, M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | s1 sastra inggris |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 08:41 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 08:41 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52977 |
Actions (login required)
View Item |