PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PEMASANGAN STOMA PADA PASIEN KOLOSTOMI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019

Ridha, Hayati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PEMASANGAN STOMA PADA PASIEN KOLOSTOMI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak dan cover)
abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (bab Akhir)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Fulltext)
Full Skripsi baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pasien kolostomi memiliki gambaran diri negative setelah tindakan pemasangan stoma, pasien menjadi pasif, tidak ada motivasi dalam perawatan sehingga pasien membutuhkan orang lain yang dapat membantunya dalam melakukan perawatan. Pasien kolostomi dengan stoma memiliki keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga media audio visual diberikan agar mampu meningkatkan keterampilan dalam perawatan stoma pada pasien kolostomi. Media audio visual diberikan dalam bentuk video yang berisikan hal-hal dasar yang harus diketahui pasien dalam perawatan kolostomi : penggantian kantong kolostomi, perawatan kulit sekeliling stoma, serta : pengaturan pola diet untuk mengontrol gas, bau, diare dan kontipasi. Penelitian quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-post test design, sampel penelitian sebanyak 10 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner pengetahuan, sikap dan tindakan yang telah di uji validitas. Dari uji statistik uji paired t- test dapat diketahui nilai p-value pengetahuan, sikap dan tindakan < 0.005 terdapatnya perbedaan bermakna antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dengan media audio visual dapat dijadikan sebagai intervensi dalam upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan perawatan stoma pada pasien kolostomi, agar pasien mampu melakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini S.kp M.N Ph.D
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, kolostomi, pengetahuan, sikap dan tindakan
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 17:53
Last Modified: 25 Oct 2019 17:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52795

Actions (login required)

View Item View Item