Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah dan Ijarah Terhadap Tingkat Profitabilitas (ROA) Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2018

Syahrur, Ramadhan (2019) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah dan Ijarah Terhadap Tingkat Profitabilitas (ROA) Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah merupakan bagian dari pembiayaan bagi hasil yang terdapat pada pembiayaan syariah. Pembiayaan syariah yang lebih mengedepankan bagi hasil serta kelayakan suatu usaha dinilai lebih baik dibanding pembiayaan konvensional.Hal ini bisa dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menghasilkan return yang dilihat dari pengelolaan aset. Terbukti dari beberapa tahun belakang ini, pembiayaan syariah pada bank umum syariah mampu meningkatkan return yang dilihat asetnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah terhadap tingkat profitabilitas yang diukur dengan return on asset (ROA) yang terdapat pada bank umum syariah. Dari jumlah populasi sebayak 14 bank syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK), hanya 8 bank syariah yang memenuhi syarat sampelpenelitian ini. Dengan sumber data yang diambil langsung dari laporan keuangan yang terdapat pada website masing-masing perusahaan dengan rentang waktu 2014 hingga2018. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah berpengaruh secara bersama (simultan) terhadap ROA dengan nilai Prob>F sebesar 0,000 kecil dari 0,05. Sedangkan secara parsial, pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dan pembiayaan murabahah berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Sedangkan pembiayaan ijarah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROA. Keyword: Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Ijarah dan Return on Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:47
Last Modified: 25 Oct 2019 11:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52260

Actions (login required)

View Item View Item