Pengaruh Jarak Tumpuan terhadap Frekuensi Pribadi Sistem Poros Rotor Overhung melalui Eksperimen dan Simulasi

Aditya, Fahlefi (2019) Pengaruh Jarak Tumpuan terhadap Frekuensi Pribadi Sistem Poros Rotor Overhung melalui Eksperimen dan Simulasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TA-fULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada mesin terdapat sistem poros rotor yang digunakan untuk mentrasmisikan daya dari motor. Ketika beroperasi akan muncul fenomena getaran yang dapat mengganggu performa mesin. Getaran yang terjadi pada mesin rotasi memiliki batas izin tertentu. Getaran ini biasanya disebabkan oleh massa tak seimbang pada rotor, rusaknya bantalan, maupun ketaksesumbuan poros. Untuk mengatasi kegagalan pada sistem salah satunya dapat dicegah dengan mengetahui karakteristik dinamik dari sistem tersebut, salah satunya adalah frekuensi pribadi. Pada beberapa penelitian sebelumnya sistem poros rotor yang digunakan yaitu posisi disk berada di antara dua tumpuan. Pada penelitian ini akan dilakukan pemodelan sistem poros rotor overhung dengan menggunakan Autodesk Inventor dan pengujian dengan impact hammer pada model uji. Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana hubungan antara jarak tumpuan dan disk apabila dibuat variasi terhadap jarak tersebut. Dalam simulasi Autodesk Inventor dibuat tiga buah model sistem poros rotor overhung, di mana yang menjadi beda dari setiap model adalah jarak tumpuan dari disk overhung. Dalam pengujian FRF juga menggunakan tiga model yaitu berdasarkan model yang ada pada simulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan pengujian menggunakan impact hammer dan simulasi Autodesk Inventor didapatkan bahwa semakin pendek jarak antara disk dan tumpuan pada model poros rotor overhung maka nilai frekuensi pribadi dari sistem akan cenderung meningkat. Peningkatan nilai frekuensi pribadi pertama dari model pertama, kedua dan ketiga dengan perbandingan jarak antara disk dan tumpuan 1 : 1 ; 1 : 2 ; dan 1 : 4 secara simulasi berturut-berturut 1 : 1.48 : 3. Sedangkan secara eksperimen adalah 1 : 1.88 : 3.78. Data yang didapat melalui simulasi Autodesk inventor dan pengujian secara langsung pada model uji memiliki perbedaan, namun masih dalam error yang tidak terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.-Ing Jhon Malta
Uncontrolled Keywords: Frekuensi pribadi, rotor overhung, FRF
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Oct 2019 15:27
Last Modified: 24 Oct 2019 15:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51693

Actions (login required)

View Item View Item