IMELYA, PEBRYANY (2014) MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER DI INDONESIA MELALUI JALUR KREDIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full text)
201406160823th_skripsi imelya pebryany 1010513056 fakultas ekonomi unand.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris tentang keberadaan mekanisme transmisi kebijakan moneter di Indonesia melalui saluran kredit, pengaruhnya terhadap pertumbuhan output, serta bagaimana respon dari seluruh variabel penelitian saat terjadi guncangan akibat shock dari variabel kebijakan moneter yaitu suku bunga SBI. Metode analisis yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Dengan periode waktu penelitian yang dimulai dari Januari 2002 samapai dengan Oktober 2013 serta data adalah data sekunder yang berbentuk time series. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kebijakan moneter melalui salah satu bagian jalur kredit yaitu saluran pinjaman bank (bank lending channel) telah ada dan berjalan di Indonesia dalam jangka panjang yang dibuktikan melalui hasil estimasi VECM dimana variabel suku bunga kebijakan moneter telah mampu berpengaruh negatif dan suku bunga pinjaman berpengaruh positif terhadap penawaran kredit perbankan. Kemudian jalur tersebut telah mampu mempengaruhi pertumbuhan output di Indonesia tapi kemampuan tersebut belum secara efektif bekerja hingga mencapai sasaran akhir kebijakan moneter. Dan selanjutnya, respon masing – masing variabel akibat adanya shock telah berpengaruh secara signifikan dan sesuai dengan teori. Kata kunci : mekanisme transmisi kebijakan moneter, jalur kredit, VECM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Mr Beni Adriyassin |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 04:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 10:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5169 |
Actions (login required)
View Item |