Wahyuni, Chairunisa (2019) Penanfaatan Modal Sosial Deri Asta dan Zohirin Sayuti Pada Pilkada Sawahlunto Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (396kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kota Sawahlunto adalah salah satu dari empat daerah yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang ikut dalam pilkada serentak untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota periode 2018-2023. Pasangan Deri Asta dan Zohirin Sayuti unggul dalam perhitungan 16.367 suara atau 47,28 persen suara sah. Kekalahan Ali Yusuf di pemilihan Umum Walikota di Sawahlunto merupakan hal yang mengejutkan karena dalam proses pelaksanaan pemilukada, kandidat yang kemungkinan akan memenangkan pemilukada jikalau ia memiliki modal yang terbangun. Tetapi melihat modal yang dimiliki Deri Asta dan Zohirin Sayuti masih kurang dibandingkan dengan calon Petahana Ali Yusuf, maka rumusan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan modal sosial, ekonomi, dan politik dalam kemenangan Deri Asta dan Zohirin Sayuti pada pemilihan Walikpta Sawahlunto tahun 2018? Penelitian ini menggunakan teori Modal Sosial, Modal Politik, Modal ekonomi milik Bourdieu dan Strategi politik milik Peter Schorder. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil temuan Deri Asta dan Zohirin Sayuti melakukan pemanfaatan modal: 1) Pemanfaatan modal sosial yang dilakukan oleh Deri Asta dan Zohirin Sayuti, antara lain: pengarahan suara karyawan tambang melalui jaringan pengusaha tambang yang ia miliki, diperkenalkan kepada kerabat oleh kelompok sosial yang mendukungnya yaitu LPM, Motor Trail Adventure, ikatan keluarga Pariaman dan Tanah Datar, Dukungan dan kampanye terselubung afiliasi anggota muhammadiyah, dukungan suara birokrat , berkegiatan dengan melakukan kampanye pengantar kepada kelompok tani dan karang taruna. 2) Pemanfaatan modal politik yang dilakukan oleh Deri Asta dan Zohirin Sayuti antara lain: Partai membentuk tim sukses dan relawan yang berjumlah 600 orang, tim sukses melakukan kampanye dengan rutin untuk memperluas pasar, blusukan yang rutin dilakukan oleh Deri Asta dan Zohirin Sayuti, pembentukan tim pendukung perempuan oleh istri Amran Nur. 3) Pemanfaatan modal ekonomi yang dilakukan oleh Deri Asta dan Zohirin Sayuti antara lain: bantuan dana yang diberikan oleh jaringan pengusaha tambang, Penyediaan logistik saat blusukan, memberikan gaji kepada relawan, pembagian kupon bensin, pembelian alat peraga kampanye, bantuan dana yang diberikan oleh pengusaha tambang yang mana hal tersebut dilakukan untuk memperluas pasar pemilih calon tersebut. Kata Kunci: Pemilukada, Modal Sosial, Modal Politik, Modal Ekonomi, Strategi Politik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Indah Adi Putri, M.IP |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 09:08 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 09:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51577 |
Actions (login required)
View Item |