Pengaruh Instructional Leadership terhadap Komitmen Guru dengan Efikasi Diri dalam Mengajar (EDM) sebgai Variabel Mediasi: Studi pada MAN 2 Tanah Datar

Desanda, Flowera Dwila (2025) Pengaruh Instructional Leadership terhadap Komitmen Guru dengan Efikasi Diri dalam Mengajar (EDM) sebgai Variabel Mediasi: Studi pada MAN 2 Tanah Datar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover dan Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instructional leadership terhadap komitmen guru dengan efikasi diri dalam mengajar sebagai variabel mediasi: studi pada MAN 2 Tanah Datar. Sampel penelitian ini yaitu guru MAN 2 Tanah Datar yang berjumlah 77 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode sensus. Pengelolaan data penelitian dilakukan menggunakan software SmartPLS 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instructional leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen guru. Efikasi diri dalam mengajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen guru. Temuan ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah dalam menerapkan instructional leadership yang efektif untuk membangun keyakinan diri guru, sehingga meningkatkan komitmen mereka terhadap profesi dan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Harif Amali Rivai, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: instructional leadership, komitmen guru, efikasi diri dalam mengajar
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Manajemen
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:43
Last Modified: 07 Nov 2025 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515325

Actions (login required)

View Item View Item