Kurniawan, Harbi (2025) Kajian Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Perusahaan. S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
|
Text (Bab Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
|
Text (Tugas Akhir FullText)
Tugas Akhir FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version Download (223kB) |
Abstract
PT Kunango Jantan merupakan salah satu perusahaan besar di bidang manufaktur dan konstruksi yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat, dan telah mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk meningkatkan kinerja bisnis, efisiensi, serta daya saing. ERP diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai alat administrasi, tetapi juga mampu mendukung kepuasan pelanggan, memperkuat strategi bersaing, meningkatkan efektivitas pelatihan, serta memperkuat daya tarik produk. Namun, keberhasilan ERP masih belum pasti karena banyak perusahaan terkendala menggunakannya, terutama akibat kurangnya dukungan strategi bersaing dan pelatihan karyawan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kinerja bisnis dengan kepuasan pelanggan, strategi bersaing dengan kinerja bisnis, kinerja bisnis dengan pelatihan, serta kinerja bisnis dengan daya tarik produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS. Populasi penelitian adalah karyawan PT Kunango Jantan, dengan jumlah responden sebanyak 45 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kepuasan pelanggan, strategi bersaing, pelatihan, dan daya tarik produk sebagai variabel independen, serta kinerja bisnis sebagai variabel dependen. Pengukuran dilakukan dengan instrumen kuesioner skala Likert, dan analisis data mencakup uji outer model untuk validitas dan reliabilitas, serta uji inner model untuk pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat beberapa variabel yang berpengaruh signifikan, seperti kepuasan pelanggan terhadap pelatihan (T = 2,129; P = 0,033), kepuasan pelanggan terhadap daya tarik produk (T = 2,610; P = 0,009), strategi bersaing terhadap daya tarik produk (T = 2,284; P = 0,022), serta interaksi pelatihan sebagai moderator antara kepuasan pelanggan dan kinerja bisnis (T = 2,836; P = 0,005). Namun, terdapat juga jalur yang tidak berpengaruh signifikan, yaitu kepuasan pelanggan terhadap kinerja bisnis(T = 0,190; P = 0,849), daya tarik produk terhadap kinerja bisnis (T = 0,737; P = 0,461), dan strategi bersaing terhadap kinerja bisnis (T = 1,734; P = 0,083). Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian besar hipotesis ditolak, keberadaan variabel pelatihan sebagai moderator mampu memperkuat hubungan tertentu sehingga memberi kontribusi terhadap peningkatan kinerja bisnis.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D., IPU, ASEAN Eng., APEC Eng. |
| Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Produk; Kinerja Bisnis; Kepuasan Pelanggan; Strategi Bersaing; Pelatihan |
| Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | S1 Teknik Industri |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:24 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:24 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric