Alzikri, Revaldi (2025) Amazing Thailand Sebagai Nation Branding Thailand dalam Menarik Wisatawan Tiongkok. S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (671kB) |
|
|
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (7MB) |
|
|
Text (BAB V (Penutup))
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (787kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi nation branding Thailand melalui Amazing Thailand dalam menarik kembali wisatawan Tiongkok pada periode 2022–2025. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pandemi COVID-19 dan krisis persepsi terhadap isu keamanan yang berkembang di Thailand sehingga menekan minat, akses, serta pola perjalanan wisatawan Tiongkok. Dalam konteks tersebut, Tourism Authority of Thailand (TAT) menjadikan Amazing Thailand bukan sebagai slogan semata, melainkan sebuah kerangka identitas yang menyebarluaskan nilai-nilai baru berupa value & trust agar selaras dengan preferensi dan kebiasaan pasar wisatawan Tiongkok. Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual strategi nation branding oleh Keith Dinnie dengan menganalisis sebelas elemen strategi pada nation branding Amazing Thailand. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif-analitis melalui pemanfaatan data sekunder berupa studi pustaka, laporan lembaga terkait, dan sumber kredibel lainnya. Berdasarkan kerangka tersebut, penelitian ini menemukan indikasi bahwa Tourism Authority of Thailand (TAT) berhasil mengimplementasikan Amazing Thailand sebagai sebuah nation branding adaptif yang menyatukan promosi, kebijakan, dan pembuktian layanan. Hal ini tercermin dari membaiknya persepsi keamanan, meningkatnya angka kunjungan, dan pemulihan kedatangan wisatawan Tiongkok secara bertahap sepanjang 2022–2025. Temuan ini menegaskan bahwa pergeseran dari orientasi volume menuju value & trust, yang didukung kebijakan akses dari ekosistem digital Tiongkok, menjadi sebuah jalan strategis dalam mengembalikan daya saing Thailand pada pasar wisatawan Tiongkok.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si; Silvi Cory, S.Pd, M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Amazing Thailand; Nation branding; Strategi Pariwisata; Wisatawan Tiongkok; Thailand |
| Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | S1 Hubungan Internasional |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:37 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:37 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric