Analisis Persepsi Konsumen terhadap Bauran Pemasaran pada Produk Usaha Mikro Segarbox di Kota Padang

Rahayu, Dhea (2025) Analisis Persepsi Konsumen terhadap Bauran Pemasaran pada Produk Usaha Mikro Segarbox di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bauran pemasaran dan menganalisis persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran pada produk siap masak (ready to cook) usaha mikro Segarbox di Kota Padang. Data dikumpulkan pada 29 Mei-23 Juli 2025 melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan karyawan, serta penyebaran kuesioner kepada 44 responden yang dipilih menggunakan teknik proportionate cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk siap masak Segarbox memiliki cita rasa khas rempah alami dan bebas pengawet sintesis, namun belum memiliki legalitas produk seperti label Halal dan izin edar PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Segarbox menetapkan harga berdasarkan metode mark-up dan dikelompokkan berdasarkan jenis/berat isi produk. Promosi dilakukan secara online melalui media sosial Instagram (@segarbox_padang) dan secara offline melalui bazaar, personal selling, serta word of mouth. Dalam aspek tempat/distribusi, Segarbox memasarkan produknya secara langsung di outlet dan tidak langsung melalui layanan pemesanan via WhatsApp. Dari hasil persepsi konsumen, variabel produk dinilai baik dengan indeks 83,93% (offline) dan 83,58% (online), namun belum optimal karena ketiadaan legalitas produk. Persepsi terhadap harga tergolong sangat baik dengan indeks 86,15% (offline) dan 94,44% (online), menunjukkan kesesuaian antara harga, manfaat, dan daya beli konsumen. Variabel promosi diinilai baik dengan indeks 83,33% (offline) dan 83,89% (online), meskipun periklanan belum maksimal. Variabel tempat/distribusi dinilai sangat baik dengan indeks 90,38% (online) dan 94,44% (offline), mencerminkan kemudahan akses dan kenyamanan berbelanja. Secara keseluruhan, Segarbox dinilai sudah memenuhi kebutuhan konsumen, namun disarankan untuk mengurus legalitas produk dan mengoptimalkan periklanan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas daya saing pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Ira Wahyuni Syarfi, MS ; Dr. Rika Hariance, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran; offline; online; persepsi konsumen dan produk siap masak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: S1 Agribisnis Agribisnis
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:49
Last Modified: 04 Nov 2025 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514249

Actions (login required)

View Item View Item