Analisis Dinamik Struktur Sayap UAV Bermaterial Komposit dengan Menggunakan Matriks Polyester dan Vinyl Ester Berpenguat Serat Karbon dan Serat Rami

Ar-Raniry, Estuning Widayat (2025) Analisis Dinamik Struktur Sayap UAV Bermaterial Komposit dengan Menggunakan Matriks Polyester dan Vinyl Ester Berpenguat Serat Karbon dan Serat Rami. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak .pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Resonansi pada sayap pesawat terjadi ketika frekuensi pribadi struktur mendekati frekuensi gangguan dari getaran yang berasal dari aliran udara atau motor, jika hal ini terjadi secara terus-menerus dalam rentang waktu yang lama maka dapat mengakibatkan rusaknya konstruksi pada sayap pesawat tanpa awak. Untuk mengurangi terjadinya fenomena resonansi ini ialah dengan cara menaikan atau menurunkan kekakuan dari struktur sayap pesawat. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan modifikasi peletakan rib dan spar pada struktur sayap pesawat untuk menaikan kekakuan struktur dengan cara menggeser frekuensi pribadi struktur. Cara lain untuk mengurangi getaran akibat fenomena resonansi ini ialah dengan menaikan redaman struktur sayap pesawat. Pada penelitian ini akan dilakukan modifikasi dari resin dan serat pada skin sayap pesawat untuk menganalisis pengaruh terhadap rasio redaman struktur. Serat yang digunakan ialah serat rami dan serat karbon sedangkan resin yang digunakan adalah campuran 70% thermoset polyester dan 30% vinyl ester. Pengujian akan dilakukan dengan 2 cara yaitu secara numerik menggunakan simulasi melalui perangkat lunak MSC Nastran dan MSC Patran lalu secara eksperimental modal analysis pada struktur menggunakan alat eksitasi impact hammer, kemudian dibandingkan untuk menentukan konfigurasi material yang optimal. Pada tugas akhir ini, berdasarkan hasil pengujian eksperimental dan simulasi diperoleh variasi sayap pesawat menggunakan serat rami menghasilkan nilai rasio redaman lebih tinggi dari serat karbon pada semua modus getar, hal ini karena material rami memiliki bentuk yang berongga dan baik dalam meredam getaran ditambah campuran dari resin polyester dan vinyl ester yang bersifat viskoelastis membantu menaikan redaman struktur. Sedangkan untuk rasio redaman spesimen serat karbon sedikit lebih rendah, walaupun bentuk susunan serta karbon lebih halus dan rapat yang tidak baik dalam meredam getaran, ketika dicampurkan dengan resin polyester dan vinyl ester memberikan respon yang baik dalam meredam getaran dari struktur sayap pesawat.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Dr. Eng. Lovely Son, S.T., M.T; Dr. Eng. Eka Satria, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Resonansi; frekuensi pribadi; rasio redaman; material komposit.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: S1 Teknik Mesin
Date Deposited: 04 Nov 2025 08:26
Last Modified: 04 Nov 2025 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514004

Actions (login required)

View Item View Item