Pengaruh Konten Edutainment "Academy of Champions" terhadap Keputusan Berlangganan Layanan Ruangguru

Maharani, Fadhillah (2025) Pengaruh Konten Edutainment "Academy of Champions" terhadap Keputusan Berlangganan Layanan Ruangguru. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Fadhillah Maharani_2110862008_CoverAbstrak.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Fadhillah Maharani_2110862008_Bab1.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
Fadhillah Maharani_2110862008_Bab5.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Fadhillah Maharani_2110862008_Dafpus.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Fadhillah Maharani_2110862008_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan industri pendidikan digital yang semakin kompetitif menuntut perusahaan edutech untuk terus berinovasi dengan menghadirkan strategi pemasaran kreatif dalam menjangkau target pasarnya. Ruangguru merespons tantangan ini melalui “Academy of Champions” (AOC), sebuah konten edutainment yang memadukan unsur edukasi dan hiburan melalui konsep kompetisi inspiratif menarik untuk menumbuhkan keyakinan audiens dalam mengambil keputusan terhadap Ruangguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten edutainment AOC terhadap keputusan berlangganan layanan Ruangguru berdasarkan model Hierarchy of Effects dari Lavidge dan Steiner. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling pada 130 responden yaitu pelajar SD kelas 6, SMP, dan SMA yang menonton seluruh episode AOC. Analisis data menerapkan teknik Partial Least Squares (SEM-PLS) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan konten edutainment AOC berpengaruh signifikan terhadap keputusan berlangganan Ruangguru (koefisien jalur 0,903; t-statistics 39,564; p-values 0,000). Nilai R-square sebesar 0,817, yang berarti 81,7% variasi keputusan berlangganan dapat dijelaskan oleh konten edutainment AOC, sedangkan 18,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini seperti penguatan strategi promosi, persepsi harga, dan motivasi pengguna. Temuan ini memperlihatkan bahwa AOC mampu menumbuhkan kesadaran, pemahaman, dan keyakinan pelajar terhadap Ruangguru yang kemudian mendorong keputusan berlangganan secara bertahap.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Vitania Yulia, S.Sos., M.A.; Novi Elian, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital; Konten Edutainment; Academy of Champions; Keputusan Berlangganan; Ruangguru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: S1 Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:55
Last Modified: 04 Nov 2025 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513991

Actions (login required)

View Item View Item