Analisis Efektivitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Perparkiran (Pajak Parkir dan Retribusi Parkir) di Kota Padang Tahun 2007-2024

Muhammad, Daffa Fadhlurrahman (2025) Analisis Efektivitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Perparkiran (Pajak Parkir dan Retribusi Parkir) di Kota Padang Tahun 2007-2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerimaan parkir dan kontribusi penerimaan parkir terhadap Pend apatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan parkir. Variabel yang digunakan meliputi jumlah kendaraan bermotor, jumlah penduduk, rata-rata tarif parkir, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa data runtun waktu (time series) periode 2007–2024 yang diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah Kota Padang, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Perhubungan Kota Padang. Analisis data dilakukan menggunakan metode Autoregressive Distributed Lag (ARDL) dengan bantuan perangkat lunak EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jumlah kendaraan bermotor berpengaruh negatif signifikan terhadap penerimaan parkir, sedangkan jumlah penduduk dan rata-rata tarif parkir berpengaruh positif signifikan. Sementara itu, PDRB sektor transportasi tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan parkir di Kota Padang. Secara simultan, seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap penerimaan parkir. Hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa penerimaan parkir belum optimal karena realisasi yang masih rendah dibandingkan potensi, sementara kontribusinya terhadap PAD rata-rata hanya berkisar 0,5–1 persen per tahun. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan sistem perparkiran yang lebih transparan dan inovatif untuk meningkatkan efektivitas penerimaan serta kontribusi terhadap PAD Kota Padang. Kata Kunci: Pajak parkir, Retribusi parkir, Efektivitas, Kontribusi, PAD, ARDL.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi
Depositing User: S1 Ekonomi Ekonomi
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:45
Last Modified: 03 Nov 2025 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/513963

Actions (login required)

View Item View Item