ANALISA USAHA KOPI BUBUK PURNAMA DI KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

LILI, KURNIATI (2013) ANALISA USAHA KOPI BUBUK PURNAMA DI KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201406121601th_skripsi lili kurniati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha dan keuntungan serta titik impas pada Usaha Kopi Bubuk Purnama. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juni 2013 dengan periode data analisa terhitung mulai bulan Maret 2012 hingga April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa data deskriptif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan profil usaha sedangkan analisa kuantitatif digunakan untuk menganalisis biaya-biaya, laba/rugi, biaya bersama dan titik impas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Kopi Bubuk Purnama yang berdiri sejak Bulan Maret Tahun 2011 belum menerapkan sistem manajemen usaha secara baik dan benar. Pemilik usaha merangkap sebagai pimpinan, tenaga kerja bagian pemasaran dan keuangan. Usaha Kopi Bubuk Purnama hanya memproduksi 1 produk saja yaitu Kopi Bubuk. Selama periode April 2012 hingga Maret 2013, Usaha Kopi Bubuk Purnama telah melakukan penjualan kopi bubuk sebanyak 6412 Kg dengan jumlah penerimaan sebesar Rp 307.696.000 dan keuntungan diperoleh sebesar Rp 46.785.608. Nilai titik impas yang dicapai untuk penjualan yaitu Rp 33.371.391,26 dengan kuantitas produk 2.666,81 kg. Sehubungan dengan penelitian ini disarankan kepada pemilik usaha agar lebih memperhatikan pengelolaan usaha baik dari aspek manajemen operasional, keuangan, maupun pemasaran. Dari segi pengelolaan keuangan, pimpinan usaha hendaknya membuat catatan keuangan yang lebih rinci, agar data perkembangan usaha dapat terlihat jelas. Aspek operasional khususnya tenaga kerja harus diberikan pengarahan yang lebih lagi untuk memasarkan sekaligus memperkenalkan produk, sehingga dapat menarik banyak konsumen. Melakukan promosi yang lebih gencar terhadap produk yang dihasilkan, agar produk kopi bubuk purnama ini dapat diketahui oleh semua orang baik dilingkup Kabupaten Pesisir Selatan maupun wilayah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:12
Last Modified: 07 Aug 2016 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item View Item