Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi SiPaduko Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Jambi

Maula, Ana Ismah (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi SiPaduko Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab 6 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Ana Ismah Maula_Skripsifulltext)
ANA ISMAH MAULA_SKRIPSI FINALE FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi SiPaduko dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dan merupakan aplikasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menyediakan layanan administrasi kependudukan. Kota Jambi memiliki skor SPBE tertinggi keempat di Indonesia. Namun, pada tahun 2024 penggunaan aplikasi ini justru menurun, dari 3.137 layanan menjadi 2.205 layanan. Selain itu, masih terdapat masyarakat yang lebih memilih prosedur konvensional, dan ditemukan sejumlah ulasan negatif terkait pengalaman pengguna aplikasi SiPaduko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan aplikasi SiPaduko dan mengetahui kepuasan masyarakat pada aplikasi SiPaduko di Kota Jambi, serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan aplikasi SiPaduko terhadap kepuasan masyarakat di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dikombinasikan dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan sampel acak nonproporsional berstrata melalui kuesioner. Reliabilitas diuji menggunakan Cronbach's alpha, dan validitas diuji menggunakan Korelasi Bivariat Pearson. Analisis data meliputi statistik deskriptif melalui perhitungan Tingkatan Capaian Responden (TCR), serta statistik inferensial menggunakan uji Kendall’s Tau dan perhitungan Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap 100 responden, kualitas pelayanan aplikasi SiPaduko berada pada kategori baik dengan nilai TCR 86,96%, sedangkan kepuasan masyarakat juga tergolong baik dengan nilai TCR 81,05%. Hasil uji korelasi Kendall’s Tau menunjukkan nilai 0,302, yang berarti terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka kepuasan masyarakat juga meningkat. Selain itu, kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 15,1% terhadap kepuasan masyarakat, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Kusdarini, S.IP, M.PA; Nila Wahyuni, S.AP., M.AP
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SiPaduko; Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); Kualitas Pelayanan; Kepuasan Masyarakat
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Publik
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:16
Last Modified: 22 Oct 2025 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512884

Actions (login required)

View Item View Item