Strategi Pemasaran Usaha Kue Hias “m&m" Cake Di Kota Padang

Putri, Rishia Dwisa (2013) Strategi Pemasaran Usaha Kue Hias “m&m" Cake Di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
S1 Agribisni Rishia Dwisa putri 0910223085 Ok-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di masa akan datang, yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei sampai 29 Juni 2013 di Jl. Pulau Karam No. 21 C, Padang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Responden yang digunakan adalah pihak internal perusahaan yaitu pimpinan industri 1 orang, tenaga kerja bagian produksi 1 orang, dan pihak eksternal perusahaan yaitu pedagang pengecer, konsumen akhir. Sampel untuk pedagang pengecer diambil secara purposive sebanyak 2 toko. Pengambilan sampel untuk konsumen akhir dilakukan secara Accidental Sampling sebanyak 10 orang dari masing-masing pedagang pengecer. Berdasarkan hasil penelitian, usaha kue m&m Cake merupakan usaha kecil dengan jumlah tenaga kerja 13 orang dan 2 pedagang pengecer tetap. Produk yang dihasilkan adalah kue hias, harga produk di tingkat pelanggan adalah sama dengan pesaing. Saluran pemasaran yang digunakan adalah saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Promosi yang digunakan adalah personal selling. Strategi pemasaran yang dihasilkan adalah adanya penggunaan teknologi baru, memaksimalkan sarana transportasi yang ada, mengemas produk dengan kemasan dan label lengkap dan menarik, melakukan kegiatan promosi lebih gencar dan terencana, menambah jumlah pedagang pengecer, menurunkan harga produk di tingkat konsumen akhir, menambah model produk, serta memberikan harga rendah kepada pedagang pengecer. Strategi pemasaran yang bisa diterima perusahaan, yaitu melakukan diversifikasi produk, memberikan harga rendah kepada pedagang pengecer, mengemas produk dengan lebih menarik dan label yang lebih lengkap, serta memaksimalkan sarana transportasi yang ada untuk menjangkau daerah distribusi dalam kota. Disarankan kepada pihak perusahaan agar dapat melaksanakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. M. Refdinal, M.Si; Ir. Yusri Usman, M.S.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:29
Last Modified: 08 Oct 2025 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512287

Actions (login required)

View Item View Item