Puja wahyu, Illahi (2025) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR CAMAT KURANJI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (909kB) |
![]() |
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (319kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kantor Camat Kuranji Kota Padang merupakan salah satu unit kerja pemerintahan yang menunjukkan kualitas pelayanan publik. Hal ini terlihat dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan pada tahun 2024, di mana Kantor Camat Kuranji memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 86,03. Nilai tersebut menempatkan instansi ini dalam kategori “baik” sesuai dengan standar penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun, meskipun secara umum Kantor Camat Kuranji sudah menunjukkan kualitas pelayanan yang baik, masih terdapat sebagian masyarakat yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk memperoleh kuesioner yang valid dan reliabel sebagai alat ukur, maka dilakukan uji validitas menggunakan korelasi Bivariate Pearson serta uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan melihat nilai Tingkat Capaian Responden. Selain itu, juga digunakan Statistik Inferensial dengan menggunakan uji Korelasi Kendall’s tau-b. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan jumlah responden sebanyak 99 orang responden, diperoleh hasil bahwa berdasarkan analisis statistik deskriptif nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) pada Kualitas Pelayanan (X) Kantor Camat Kuranji Kota Padang berada pada kategori jawaban cukup baik dengan tingkat persentase sebesar 77,8%, serta untuk Kepuasan Masyarakat (Y) pada Kantor Camat Kuranji Kota Padang berada pada kategori cukup baik dengan tingkat persentase sebesar 69,55%. Hasil perhitungan hipotesis menunjukan nilai koefisien korelasi Kendall’s tau-b adalah sebesar 0,674 > 0,1975 (nilai r tabel) yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel dengan derajat hubungan kuat serta arah hubungan yang searah/positif. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasanan Masyarakat, Kantor Camat Kuranji Kota Padang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Kusdarini, SIP, MPA Roza Liesmana, S.IP,M.PA. |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasanan Masyarakat, Kantor Camat Kuranji Kota Padang |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Publik |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 06:41 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 06:41 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |