Hamdani, Meloi (2006) IMPLEMENTASI SISTEM PERDAGANGAN ELEKTRONIk PRODUK TRADISIONAL DI SUMATERA BARAT. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
S1 Teknik 2006 melqi Hamdani 01173009.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perusahaan melirik media internet sebagai peluang untuk menginformasikan dan tempat transaksi online terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat internasional karena media tersebut memiliki akses yang semakin luas saat ini. Ini merupakan bisnis baru yang dikenal dengan sebutan e-commerce. Banyak perusahaan di dunia mulai menjual produk dan jasa dengan menggunakan media Internet. Perusahaan menggunakan media ini sebagai salah satu usaha untuk pengembangan jaringan pemasaran yang bermuara pada peningkatan penjualan di masa yang akan datang. Dengan media ini perusahaan berusaha megantarkan produk yang ditawarkan langsung ke rumah konsumen, sehingga mengurangi rantai distribusi. Dengan demikian perusahaan memutuskan mengimplemtasikan e-commerce untuk meraup keuntungan dengan memasuki bisnis baru di Internet. Perusahaan yang akan mengimplementasikan e-commerce harus sudah siap dari sisi pemasaran, finansial, sumber daya manusia yang handal dalam mengelola bisnis ini serta peraturan perundang-undangan yang mengatur bisnis ini sudah dapat dipahami. Dengan demikian perusahaan dapat bersaing secara global dengan kompetitor lainnya pada media Internet. Penelitian tugas akhir ini dilakukan untuk mengimplementsikan sistem perdagangan elektronik produk tradisional di Sumatera Barat. Setelah tiga bulan diimplementasikan terhadap perusahaan kemudian dipantau perkembangan apakah perusahaan mengalami keuntungan, sesuai dengan filosofi e-coommerce atau sebaliknya. Selama diimplementasikannya e-commerce pada CV.IKRB terdapat peningkatan penjualan secara keseluruhan. Namun peningkatan tersebut belum begitu besar. Pada bulan pertama terjadi peningkatan sebesar 0.95% dan 2.58% pada bulan ketiga dari implementasi. Secara keseluruhan dengan diimplementasikannya e-commerece dapat meningkatakan pendapatan pesrusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | IKHWAN A'RIEF. MSc |
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Perdagangan Elektronik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Sindy Berliana |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 06:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/512002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |