STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KIPANG LIMA SAUDARA DI KOTA PADANG

REFILA, AGUSTI (2009) STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KIPANG LIMA SAUDARA DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULL TEXT)
S1 Pertanian 2009 Agusti Refila 02914032.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada industri kipang Lima Saudara yang beralamat di Jalan Gajah 1 No 9 Air Tawar Barat Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan penjualan pada industri kipang Lima Saudara dan merumuskan strategi pemasaran yang perlu diterapkan untuk meningkatkan volume penjualan yang berkelanjutan di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dimana pihak industri kipang Lima Saudara dijadikan sumber data terutama data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wilayah Kota Padang. Analisis data berupa analisis deskriptif dengan menggunakan analisa bauran pemasaran yang digunakan untuk mengetahui dan menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan penjualan pada industri kipang Lima Saudara, selanjutnya analisis kualitatif dengan menggunakan metode SWOT serta analisis perencanaan partisipatif digunakan untuk memilih strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh industri kipang Lima Saudara. Dari hasil analisa bauran pemasaran diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadi penurunan penjualan pada industri kipang Lima Saudara adalah: Kemasan produk yang kurang menarik, Penetapan harga yang sama antara pedagang pengecer dan konsumen akhir, Sistem pembayaran tunai untuk pedagang pengecer, Daerah pemasaran produk masih terbatas, Industri tidak mempunyai tenaga pemasaran, Industri belum melakukan kegiatan promosi, dan Jumlah pesaing semakin bertambah. Untuk dapat meningkatkan volume penjualan pada industri kipang Lima Saudara maka strategi yang dapat dilakukan oleh industri adalah: Strategi produk yaitu melakukan inovasi pada penampilan produk melalui perbaikan kemasan, Strategi distribusi yaitu dengan menambah daerah pemasaran produk ke daerah-daerah yang belum pernah dimasuki, Strategi harga yaitu memberikan potongan harga kepada pelanggan yang membeli kipang dalam jumlah tertentu. Sedangkan untuk strategi yang belum dapat dilakukan oleh industri diantaranya adalah: Strategi harga yaitu menawarkan sistem pembayaran kredit pada pedagang pengecer, Strategi distribusi yaitu menambah tenaga kerja untuk bagian pemasaran danStrategi promosi yaitu melakukan promosi secara intensif melalui koran dan radio. Kepada industri disarankan agar dapat melaksanakan strategi yang telah ditetapkan dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal dari industri kipang Lima Saudara sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. Zainal Munir ; Ir. Syahyana Raesi, Msc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:49
Last Modified: 16 Sep 2025 04:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511740

Actions (login required)

View Item View Item