Jayanti, Rostina Dwi Jayanti (2015) Analisis Pelaksanaan Prosedur Klaim Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit TTingkat III DR. Reksodiwiryo Padang Tahun 2015. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
S1 Kesehatan Masyarakat 2015 Rostina Dwi Jayanti 1110331025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiyo Padang merupakan rumah sakit milik TNI/POLRI yang bekerja dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Setiap bulannya rumah sakit harus mengajukan klaim kepada BPJS. Dalam pelaksanaan prosedur klaim pasien Jaminan Keschatan Nasional (JKN) di rumah sakit ini masih terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prosedur klaim Pasien Jaminan Keschatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2015. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, FGD, observasi, dan telaah dokumen. Pengolahan data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan analisis konten dan uji keabsahan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa sudah adanya tupoksi pada masing-masing tenaga pelaksana prosedur klaim pasien JKN di Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiryo Padang Namun dalam pelaksanaan prosedur klaim pasien JKN masih ditemukan kendala seperti jumlah tenaga pelaksana yang belum mencukupi, penerapan kebijakan yang masih belum berjalan optimal, adanya ketidaklengkapan dokumen klaim seperti tidak adanya tanda tangan dan stempel nama Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) pada resume medis, masih adanya keterlambatan klaim atau klaim susulan dari batas waktu pengajuan klaim yaitu tanggal 10 bulan berikutnya. Kesimpulan Pelaksanaan prosedur klaim yang diselenggarakan di Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiryo Padang belum optimal dan masih terdapat kendala yang dihadapi. Disarankan Rumah Sakit Tingkat III Dr. Reksodiwiryo untuk membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) klaim dan meningkatkan koordinasi antara de Zr, perawat, petugas koding dan petugas klaim agar pelaksanaan prosedur klaim pasien JKN dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | dr. Adila Kasni Astiena, MARS, Dra. Sri Siswati, SH, Apt, M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), klaim, prosedur |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:45 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |