FAJRIAN, AHMAD (2025) Diversifikasi Ekonomi Arab Saudi: Studi Kasus Investasi Industri VideoGame Jepang sebagai Implementasi Vision 2030. S1 thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak Fajrian.pdf - Published Version Download (645kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Bab 1 Pendahuluan Fajrian.pdf - Published Version Download (936kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 Penutup Fajrian.pdf - Published Version Download (497kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Fajrian.pdf - Published Version Download (611kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL DRAFT)
skripsi FAJRIAN AHMAD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana investasi Arab Saudi di industri game Jepang menjadi bagian dari redefinisi kepentingan nasional dalam kerangka Visi 2030. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini menyoroti kebijakan ekonomi-politik Arab Saudi melalui Savvy Games Group perusahaan milik negara yang secara aktif berinvestasi dalam industri hiburan global. Fokus utama diarahkan pada akuisisi saham mayoritas dalam perusahaan game Jepang, seperti SNK Corporation, sebagai simbol pergeseran dari strategi kekuatan keras (hard power) menuju kekuatan lunak (soft power) dan diplomasi budaya. Dalam konteks teori realisme dan soft power, investasi ini tidak semata-mata ditujukan untuk diversifikasi ekonomi pasca-minyak, tetapi juga sebagai alat untuk membangun citra internasional yang lebih progresif dan modern. Jepang dipilih sebagai mitra strategis karena posisinya yang kuat dalam ekosistem game global serta persepsi positifnya dalam ranah budaya populer. Melalui strategi ini, Arab Saudi berupaya menciptakan narasi baru mengenai peran dan identitasnya di panggung internasional, sejalan dengan upaya untuk mengukuhkan status sebagai middle power yang aktif dan relevan dalam tatanan global multipolar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa investasi Arab Saudi di industri game Jepang merupakan manifestasi konkret dari transformasi kepentingan nasional yang lebih luas yakni penggabungan antara tujuan ekonomi, diplomasi budaya, dan rekayasa citra negara. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis terhadap kajian hubungan internasional kontemporer, khususnya mengenai bagaimana negara-negara non-Barat menggunakan instrumen ekonomi dan budaya untuk memperluas pengaruh global tanpa konfrontasi militer. Kata kunci: Kepentingan nasional, Vision 2030, soft power, diplomasi budaya, Arab Saudi, Jepang, industri game.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Anita Afriani Sinulingga, S.IP.,M,Si |
Uncontrolled Keywords: | VISION 2030, GAMING DIPLOMACY,ARAB SAUDI |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 11:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 11:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/511388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |