Kareem, Muhammad (2025) Pengujian Sifat Fisik, Kimia, Dan Keausan dengan Variasi Temperatur dari Water Based Lubricant dengan Penambahan MWCNTs pada Alat Uji Pin On Disc. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version Download (170kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pelumas berperan penting pada bagian mesin yang relatif bergerak, untuk mengurangi keausan akibat kontak langsung antar komponen. Pelumas umumnya terbuat dari bahan sintetis dan oli mineral yang sulit terurai di lingkungan karena mengandung zat berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dicari alternatif pelumas yang ramah lingkungan dan mudah terurai, seperti pelumas berbahan dasar air. Pelumas berbahan dasar air memiliki keterbatasan dalam hal viskositas dan ketahanan terhadap keausan, sehingga diperlukan zat aditif berupa partikel nano seperti Multi Walled Carbon Nanotubes (MWCNTs) untuk meningkatkan sifat fisik dan tribologi pelumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan laju keausan dan menganalisis tekstur permukaan water-based lubricant yang telah dimodifikasi dengan zat aditif MWCNT yang dikombinasikan dengan sorbitan anhydride atau dikenal dengan sebutan SPAN 60 dan Carboxymethyl Cellulose (CMC) dibandingkan dengan water deionized tanpa zat aditif. Metodologi yang diterapkan mencakup persiapan sampel pelumas dengan mencampurkan deionized water dengan 0,1 wt% MWCNTs, 1 wt% SPAN 60, dan 1 wt% CMC menggunakan Heating Magnetic Stirrer Digital guna memastikan dispersi yang homogen, diikuti dengan pengujian sifat fisik dan kimia di PT Sucofindo melalui pengukuran parameter seperti viskositas kinematik, densitas, titik tuang, Total Acid Number (TAN), dan Total Base Number (TBN). Pengujian dilakukan menggunakan alat uji tribometer tipe pin on disc, dengan memvariasikan temperatur 28 °C, 60 °C dan 80 °C pada kecepatan putaran 500 rpm dan 1400 rpm selama 60 menit, sedangkan pengamatan tekstur permukaan dilakukan menggunakan mikroskop optik stereo dan mikroskop 3D Video Digital HIROX untuk mengukur nilai wear scar pada pin dan disc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan MWCNT, SPAN 60, dan CMC secara signifikan meningkatkan viskositas kinematik waterbased lubricant dan menurunkan laju keausan, yang terbukti dari penurunan nilai wear scar pada pin dan disc dibandingkan dengan water deionized tanpa zat aditif. Hal ini menunjukkan bahwa MWCNTs dan SPAN 60 berfungsi secara efektif dalam mengurangi keausan yang terjadi selama pengujian. Kata kunci: sifat fisik, tribologi, Water based lubricant, Carbon Nanotube, SPAN 60
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dedison Gasni, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | sifat fisik; tribologi; Water based lubricant; Carbon Nanotube; SPAN 60 |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/509379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |