Venny, Meidia (2025) PENGAWASAN PERILAKU PELAKU USAHA JASA KEUANGAN (MARKET CONDUCT) TERHADAP TRANSPARANSI PRODUK KREDIT PERBANKAN DALAM KAITANNYA DENGAN PELINDUNGAN HUKUM KONSUMEN. S2 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover Abstrak)
Cover dan Abstrak(6).pdf - Published Version Download (113kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I Tesis.pdf - Published Version Download (370kB) |
![]() |
Text (Bab Akhir/Penutup)
Bab V Tesis.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pusataka.pdf - Published Version Download (193kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
Tesis Cetak Wisuda ok1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan sektor keuangan di Indonesia tidak diiringi dengan peningkatan literasi keuangan, hal ini menimbulkan berbagai permasalahan dalam hubungan konsumen dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) sehingga konsumen menyampaikan pengaduan terhadap PUJK. Selain itu, hubungan antara PUJK dengan konsumen seringkali merupakan hubungan yang timpang karena PUJK memiliki bargaining power yang kuat sedangkan konsumen berada pada posisi yang lemah sehingga menerima apa yang telah ditetapkan oleh PUJK. Perkembangan produk keuangan yang semakin kompleks meningkatkan risiko kesalahpahaman dan ketidaktransparanan berujung pada misseling product kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengawasan perilaku PUJK (market conduct) terkait transparansi produk kredit perbankan dalam kaitannya dengan pelindungan hukum konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah empiris yuridis, dengan studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan market conduct yang dilakukan OJK diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023, Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2023, serta Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 12/SEOJK.07/2014 telah memenuhi prinsip pelindungan hukum, keadilan, kepastian hukum dan hukum ekonomi. Pelaksanaan pengawasan market conduct terkait transparansi produk kredit perbankan dilaksanakan sesuai ketentuan yang mengatur melalui dua metode yaitu pengawasan langsung melalui pemeriksaan tematik, pemeriksaan khusus, dan observasi lapangan seperti mystery shopping dan pengawasan tidak langsung melalui pemantauan Internal Dispute Resolution (IDR) dan Eksternal Dispute Resolution (EDR) di APPK, pemantauan iklan, validasi laporan hasil penilaian sendiri serta analisis risiko terhadap perjanjian baku dan perlindungan data pribadi. Pengawasan market conduct OJK saat ini masih berbasis compliance atau kepatuhan, kedepannya pengawasan market conduct diharapkan dapat dilakukan dengan berbasis risiko, sehingga dapat memitigasi lebih dini potensi risiko yang akan merugikan konsumen. Selain itu, OJK perlu melakukan pengembangan aplikasi sistem pengawasan market conduct yang terintegrasi agar pengawasan market conduct dapat dilakukan dengan lebih optimal mengikuti perkembangan industri keuangan yang sangat cepat, OJK dan PUJK juga harus lebih aktif dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan diperlukan penegakan sanksi yang lebih tegas bagi PUJK yang melanggar ketentuan transparansi produk keuangan. Kata Kunci : Pengawasan, Market Conduct, Transparansi, Pelindungan Hukum
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Prof.Dr.Busyra Azheri,SH.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengawasan, Market Conduct, Transparansi, Pelindungan Hukum |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S2 Hukum |
Depositing User: | s2 ilmu hukum |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/508038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |