Blensky, Sonia (2025) Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah (Capsicum annum.L) di Nagari Batagak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (440kB) |
![]() |
Text (BAb 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (228kB) |
![]() |
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (322kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (330kB) |
![]() |
Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran oleh masing-masing lembaga pemasaran yang terlibat serta menganalisis efisiensi pemasaran cabai merah di Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yang diteliti , yaitu saluran I : petani - pedagang pengecer (Pasar Padang Lua) - konsumen akhir, saluran II : petani - pedagang pengecer (Pasar Bawah Bukittinggi) - konsumen akhir, saluran III : petani - pedagang pengumpul (Pasar padang Lua) - pedagang pengecer (Pasar Padang Lua) - konsumen akhir, saluran IV : petani - pedagang pengumpul (Pasar padang Lua) - pedagang besar (Pasar Bawah Bukittinggi) - pedagang pengecer (Pasar Bawah Bukittinggi) - konsumen akhir. Fungsi pemasaran yang dilakukan petani, pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer cabai merah terdiri dari fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Penelitian ini mengidentifikasikan empat saluran pemasaran cabai merah, dengan saluran I dan III sebagai saluran yang paling efisien berdasarkan volume penjualan. Saluran pemasaran yang paling efisien dengan volume penjualan kecil adalah saluran I dengan nilai EP sebesar 3,38%, farmer’s share sebesar 86,13%, dan margin sebesar Rp 5.916,67/Kg. Sedangkan saluran pemasaran yang paling efisien dengan colume penjualan besar adalah saluran III dengan nilai EP sebesar 3,61%, farmer’s share sebesar 82,36%, dan margin sebesar Rp 7.583,33/Kg. Pasar yang diteliti dalam penelitian ada dua, yaitu Pasar Padang Lua dan Pasar Bawah Bukittinggi. Untuk kategori pasar tujuan yang paling efisien adalah Pasar Padang Lua, karena pasar ini lebih dekat sehingga biaya pemasaran yang dikeluarkan juga lebih rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Hasnah, S.P., DipAgEc., M.Ec., Ph.D.; Rian Hidayat, S.P., M.M |
Uncontrolled Keywords: | Cabai Merah, Efisiensi, Farmer’s Share, Margin, dan Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 01:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 01:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/507293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |