KOMUNIKASI BUDAYA DALAM TRADISI BA’ALUA N INIAK MAMAK MINANGKABAU ( STUDI MAKNA PESAN SAAT ACARA LAMARAN DI KANAGARIAN TIAKAR PAYAKUMBUH TIMUR KOTA PAYAKUMBUH )

Jandridio, Putra (2019) KOMUNIKASI BUDAYA DALAM TRADISI BA’ALUA N INIAK MAMAK MINANGKABAU ( STUDI MAKNA PESAN SAAT ACARA LAMARAN DI KANAGARIAN TIAKAR PAYAKUMBUH TIMUR KOTA PAYAKUMBUH ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI Lengkap)
SKRIPSI Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tradisi ba’alua atau sering disebut kata pasamb ahan merupakan sebuah tradisi yang menggunakan kata kiasan. Tradisi ba’alua selalu dilakukan oleh masyarakat minang kabau dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan adat atau tradisi seperti, batagak panghulu, batagak rumah, acara kematian, sunatan dan acara pernikahan atau acara lamaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi budaya yang terjadi pada tradisi ba’alua dalam acara lamaran dan mengetahui apa makna simbolik tradisi ba’alua pada acara lamaran dengan menggunakan teori Interaksionalisme Simbolik George H. Mead yang membagi pemikirannya menjadi Mind, Self, and S o ciety . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif - kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokument asi. Penelitian ini dilaksanakan di Kanagarian Tiakar Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukan proses komunikasi budaya pada tradisi ba’alua yang terjadi pada acara lamaran dilakukan pada saat niniak mamak melakukan percakapan atau ber bicara saat proses acara lamaran berlansung, sedangkan makna tradisi ba’alua berdasarkan pemikiran Mead mengenai Mind, Self and Society, dalam acara lamaran adalah setiap niniak mamak yang melakukan alua memiliki rasa sopan santun dan menghargai setiap pem bicaraan yang mereka sampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yesi Puspita, M.Si
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Oct 2019 09:39
Last Modified: 24 Oct 2019 09:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50675

Actions (login required)

View Item View Item