Strategi Pemasaran Produk Industri Pengolahan Susu di Sumatera Barat

Rahmadini, Annisa' Suci (2025) Strategi Pemasaran Produk Industri Pengolahan Susu di Sumatera Barat. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran produk industri pengolahan susu dilakukan agar dapat menentukan alternatif strategi dan prioritas strategi yang dapat dilakukan Industri Pengolahan Susu untuk meningkatkan pemasaran produknya berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang teridentifikasi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik produk olahan susu, menganalisis kelayakan finansial dan menentukan dan merekomendasikan strategi pemasaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan survey dengan tiga tahapan yaitu analisis karakteristik produk olahan susu, analisis kelayakan finansial Industri Pengolahan Susu, dan analisis strategi pemasaran produk olahan susu. Hasil analisis sifat kimia susu pasteurisasi (lemak, protein), dan sifat fisika (pH, berat jenis) Ips A Kabupaten Solok, IPS E Kota Padang Panjang, dan IPS I Kabupaten Agam berturut-turut adalah: (4,03%;2,89%), (4,33%;3,04) dan (3,60%;2,80%); (7,58;1,0266), (7,63;1,0280) dan (7,49;1,0260). Hasil analisis sifat kimia yogurt (lemak dan protein) dan sifat fisika (pH, berat jenis) IPS A Kabupaten Solok, IPS E Kota Padang Panjang, dan IPS I Kabupaten Agam berturut-turut adalah: (2,70%;3,41%), (2,51%;2,88%) dan (2,70%;3,26%); (4,45;1,0284), (3,75;1,0280) dan (4,06;1,0280). Hasil dari analisis kelayakan finansial yaitu: Net Present Value (NPV) Rp. 5.292.392.421,-, Internal Rate of Return (IRR) 26,3% > 6%. Net B/C Ratio 2,5 dan Payback Period (PBP) tercapai dalam jangka waktu 6 tahun, 8 bulan. Jika dilihat dari kriteria kelayakan finansial sebuah usaha, industri susu di Sumatera Barat layak untuk dijalankan. Strategi prioritas yang terpilih adalah peningkatan produktivitas produk olahan susu untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dengan bobot 0,423.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Ir. Alfi Asben, M. Si; Dr. Ir. Kurnia Herlina Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: pemasaran; sentra industri pengolahan susu; strategi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > S2 Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:16
Last Modified: 25 Aug 2025 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/504893

Actions (login required)

View Item View Item