Pengaruh Pemberian Campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang Difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam Ransum terhadap Total Kolesterol, LDL, HDL dan Trigliserida pada Serum Darah Ayam Broiler

Yurandi, Fikri (2019) Pengaruh Pemberian Campuran Daun Ubi Kayu dan Bungkil Inti Sawit yang Difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam Ransum terhadap Total Kolesterol, LDL, HDL dan Trigliserida pada Serum Darah Ayam Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian campuran daun ubi kayu dan bungkil inti sawit yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum terhadap total kolesterol, low density lipoprotein (LDL), high density lipoprotein (HDL) dan trigliserida serum darah ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC ayam broiler dari strain Lohmann galur MB 202 yang ditempatkan pada kandang kotak berukuran 80x80x60 cm sebanyak 20 kotak. Masing-masing kotak diisi dengan 5 ekor ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu R1 (0% DUKBISF), R2 (4,5% DUKBISF, R3 (9% DUKBISF), R4 (13,5% DUKBISF) dan R5 (18% DUKBISF) dengan 4 kali ulangan. Penelitian dilakukan selama 28 hari. Peubah yang diamati adalah Total Kolesterol, LDL, HDL dan Trigliserida serum darah ayam broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian DUKBISF dalam ransum ayam broiler berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap total kolesterol dan LDL, sedangkan terhadap HDL dan trigliserida berpengaruh tidak nyata (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa DUKBISF dapat dipakai sampai 18% dalam ransum untuk menurunkan total kolesterol dan LDL, dan mempertahankan HDL serta trigliserida serum darah ayam broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Ayam Broiler, DUKBISF, Kolesterol, LDL, HDL, Trigliserida
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Oct 2019 16:29
Last Modified: 22 Oct 2019 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/50313

Actions (login required)

View Item View Item