Pengaruh Halal Awareness dan Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Pada Perempuan Generasi Z di Sumatera Barat

Afifah, Feby Nurul (2025) Pengaruh Halal Awareness dan Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Pada Perempuan Generasi Z di Sumatera Barat. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
FILE 2.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
FILE 3.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 4.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Keseluruhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh halal awareness dan elemen marketing mix (produk, harga, tempat, promosi) terhadap keputusan pembelian kosmetik halal oleh perempuan Generasi Z di Sumatera Barat, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode kuantitatif digunakan dengan analisis Structural Equation Modeling berbasis SmartPLS, melibatkan 366 responden dan wawancara dengan penjual kosmetik di Padang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel halal awareness serta tempat tidak secara langsung memengaruhi keputusan pembelian, tetapi memiliki pengaruh secara tidak langsung dengan kepercayaan konsumen sebagai perantara penuh. Sementara itu, product dan price berpengaruh langsung maupun tidak langsung (mediasi parsial). Variabel promosi tidak menunjukkan efek yang signifikan, baik secara langsung terhadap keputusan pembelian maupun melalui pengaruh mediasi. Kepercayaan konsumen terbukti menjadi elemen penting yang menjembatani persepsi terhadap label halal, kualitas barang, serta harga dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Perusahaan kosmetik disarankan untuk menonjolkan sertifikasi halal, meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga sesuai nilai yang dirasakan konsumen, serta menyesuaikan strategi promosi agar lebih personal dan relevan bagi Generasi Z yang kritis dan selektif.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ir. Prima Fithri, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Kehalalan, Elemen Pemasaran, Kepercayaan Pelanggan, Preferensi Pembelian, Gen Z, Kosmetik Bersertifikasi Halal.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:46
Last Modified: 14 Aug 2025 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502671

Actions (login required)

View Item View Item