Diyana, Syarifa (2025) PENGARUH CITRA MEREK DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (238kB) |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (214kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) |
![]() |
Text (Full Text_Syarifa Diyana)
Full Text_Syarifa Diyana.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan oleh konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk diantara alternatif produk lainnya. Persaingan industri yang semakin ketat dan beragamnya pilihan produk di pasar mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi yang tepat agar produknya menjadi pilihan konsumen. Wardah, sebagai salah satu produsen kosmetik lokal, dinilai berhasil menarik minat konsumen melalui strategi pemasaran yang komprehensif. Berbagai faktor dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen, diantaranya adalah citra merek dan strategi bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Instrumen yang digunakan terdiri dari skala citra merek yang di adaptasi dari Cho dkk. (2015), skala bauran pemasaran yang di rekonstruksi dari Syofyanovsky (2021), serta skala keputusan pembelian yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Kotler & Keller (2012). Responden penelitian ini berjumlah 383 orang pengguna kosmetik Wardah di Kota Padang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan bauran pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan sebesar .000 (p<.05) dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar .698. Hal ini menunjukkan bahwa citra merek dan bauran pemasaran memberikan sumbangan sebesar 69,8% terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Kota Padang, sedangkan sisanya 30,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog; Tri Rahayuningsih, S.Psi., MA |
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kosmetik Wardah, Perilaku Konsumen |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:11 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |