PERBEDAAN PENGARUH TEKNIK RELAKSASl NAFAS DALAM DAN KOMPRES HANGAT DALAM MENURUNKAN DISMENORE PADA REMAJA SMA NEGERI 3 PADANG

Rahayuningrum, Dwi Christina (2012) PERBEDAAN PENGARUH TEKNIK RELAKSASl NAFAS DALAM DAN KOMPRES HANGAT DALAM MENURUNKAN DISMENORE PADA REMAJA SMA NEGERI 3 PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full text)
S1 Keperawatan 2012 Dwi Christina Rahayuningrum 1010324017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebagian wanita merasakan dismenore pada setiap siklus menstruasi, intensitas nyeri yang dirasakan bahkan sampai berat dan mengganggu aktivitas. Salah satu terapi non farmakologis yang bisa dilakukan untuk mengurangi dismenore teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat dalam menurunkan dismenore pada remaja putri di SMA Negeri 3 Padang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment. Sampel sebanyak 32 orang remaja yang dibagi dua pada masing-masing perlakuan dengan waktu pelaksanaan 20 menit. Uji statistik yang digunakan adalah uji t-tes sampel berpasangan dan uji t-test sampel bebas. Hasil menunjukkan terdapat penurunan yang bermakna pada skala dismenore pada masing- masing kelompok (p=0,000). Analisa bivariat menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna penurunan skala dismenore pada remaja yang diberi teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada remaja menggunakan teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat sebagai salah satu alternatif penurunan nyeri dismenore.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Vetty Priscilla, M.Kep, Sp.Mat, MPH , Ns. Lili Fajria, S.Kep. M Biomed
Uncontrolled Keywords: Dismenore, relaksasi nafiis dalam, kompres hangat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Sindy Berliana
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:15
Last Modified: 12 Aug 2025 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502372

Actions (login required)

View Item View Item