PROSES AKOMODASI KOMUNIKASI PETUGAS KESEHATAN DENGAN PASIEN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK.III PADANG

Nofri, Andeska Putra (2025) PROSES AKOMODASI KOMUNIKASI PETUGAS KESEHATAN DENGAN PASIEN DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK.III PADANG. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Latar Belakang)
2. BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
3. BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Tesis Full)
FULL TESIS AKHIR TTD BASAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi proses akomodasi komunikasi antara petugas kesehatan dengan pasien dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Padang. Masalah penelitian berfokus pada kompleksitas komunikasi di rumah sakit kepolisian yang memiliki struktur hierarki kepangkatan unik, dimana data menunjukkan rendahnya angka rujukan personil Polda Sumbar (25,8%) dan variasi kepuasan pasien terhadap aspek komunikasi petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses akomodasi komunikasi, mengidentifikasi strategi yang diterapkan, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivis, melibatkan 15 informan dari manajemen rumah sakit, petugas kesehatan, dan pasien yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan bantuan NVivo 12. Temuan penelitian mengidentifikasi empat tahapan proses akomodasi komunikasi (penilaian awal, adaptasi komunikasi, verifikasi pemahaman, dan modifikasi lanjutan), enam strategi akomodasi (interpretabilitas, konvergensi, divergensi, ekspresi emosional, manajemen wacana dan kontrol interpersonal), serta empat faktor yang mempengaruhi proses tersebut (struktural-institusional, individual, situasional, dan kebijakan-program). Penelitian menghasilkan model teoretis baru yaitu "Akomodasi Komunikasi Adaptif-Hierarkis" yang menjelaskan fenomena "dualitas adaptasi" dimana petugas kesehatan melakukan adaptasi ganda terhadap karakteristik individual pasien dan posisi hierarkis mereka. Rekomendasi penelitian mencakup adopsi model empat tahap sebagai standar operasional komunikasi terintegrasi, pengembangan program pelatihan komunikasi adaptif-hierarkis dan implementasi sistem triase objektif dengan penguatan prinsip "Professional First, Rank Second" untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit kepolisian.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Ernita Arif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Akomodasi Komunikasi, Komunikasi Kesehatan, Hierarki Kepangkatan, Rumah Sakit Bhayangkara.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: S2 Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:45
Last Modified: 13 Aug 2025 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502301

Actions (login required)

View Item View Item