Peran Social Influence terhadap Minat Pembelian Online Produk Skincare pada Konsumen Perempuan Gen Z Pengguna Shopee

Humairo, Aisyah (2025) Peran Social Influence terhadap Minat Pembelian Online Produk Skincare pada Konsumen Perempuan Gen Z Pengguna Shopee. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Full Text_Aisyah Humairo)
Full Text_Aisyah Humairo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Generasi Z (1997–2012) tumbuh di era digital dan terbiasa berbelanja online. Skincare menjadi kebutuhan utama khususnya bagi perempuan dan menjadi salah satu produk yang paling banyak dibeli melalui platform e-commerce seperti Shopee. Dalam mempertimbangkan pembelian, perempuan Gen Z cenderung dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social influence berpengaruh terhadap minat pembelian online produk skincare pada konsumen perempuan Gen Z pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 385 partisipan yang dipilih melalui non-probability sampling dengan teknik voluntary sampling. Alat ukur social influence diadaptasi dari skala Consumers Susceptibility to Interpersonal Influence (CSII) yang dikembangkan oleh Bearden et al. (1989) (α =.877), sedangkan alat ukur minat pembelian online disusun oleh peneliti berdasarkan teori Widokarti dan Priansa (2019) (α =.833). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social influence memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian online (p = .000 < .05) dan nilai R-square (R2) sebesar .183. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat social influence yang diterima, maka semakin tinggi pula minat pembelian online pada konsumen perempuan Gen Z pengguna Shopee, begitu pun sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog; Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Gen Z, Minat Pembelian Online, Shopee, Skincare, Social Influence
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:42
Last Modified: 14 Aug 2025 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502218

Actions (login required)

View Item View Item