Humairo, Aisyah (2025) Peran Social Influence terhadap Minat Pembelian Online Produk Skincare pada Konsumen Perempuan Gen Z Pengguna Shopee. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (294kB) |
![]() |
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version Download (239kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (289kB) |
![]() |
Text (Full Text_Aisyah Humairo)
Full Text_Aisyah Humairo.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Generasi Z (1997–2012) tumbuh di era digital dan terbiasa berbelanja online. Skincare menjadi kebutuhan utama khususnya bagi perempuan dan menjadi salah satu produk yang paling banyak dibeli melalui platform e-commerce seperti Shopee. Dalam mempertimbangkan pembelian, perempuan Gen Z cenderung dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social influence berpengaruh terhadap minat pembelian online produk skincare pada konsumen perempuan Gen Z pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 385 partisipan yang dipilih melalui non-probability sampling dengan teknik voluntary sampling. Alat ukur social influence diadaptasi dari skala Consumers Susceptibility to Interpersonal Influence (CSII) yang dikembangkan oleh Bearden et al. (1989) (α =.877), sedangkan alat ukur minat pembelian online disusun oleh peneliti berdasarkan teori Widokarti dan Priansa (2019) (α =.833). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social influence memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian online (p = .000 < .05) dan nilai R-square (R2) sebesar .183. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat social influence yang diterima, maka semakin tinggi pula minat pembelian online pada konsumen perempuan Gen Z pengguna Shopee, begitu pun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Lala Septiyani Sembiring, M.Psi., Psikolog; Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Gen Z, Minat Pembelian Online, Shopee, Skincare, Social Influence |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/502218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |